Iklan Layanan

Cuplikan

Penetapan Calon Terpilih, Kongres VII Resmi Ditutup

 


(Foto: Roni)

lpmalmillah.com - Rabu (02/03/2020), Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) menyelenggarakan penetapan calon terpilih Organisasi Mahasiswa (ORMAWA) di gedung Indrakila. Acara ini sekaligus menjadi penutupan Kongres VII Republik Mahasiswa IAIN Ponorogo. Mundur dari yang diperkirakan, acara baru dimulai pada pukul 04.34 WIB dengan membacakan Surat Ketetapan (SK), mulai dari Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), Senat Mahasiswa (SEMA), serta Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) institut dan fakultas.  

Penetapan calon terpilih dilakukan secara bergiliran dari fakultas di IAIN Ponorogo dan diakhiri dari institut. Penetapan dimulai dari Fakultas Syariah (FASYA) dengan menetapkan Aisyah dan M Jihad Al Haqiqi (217 suara) sebagai kandidat terpilih ketua dan wakil ketua HMJ Hukum Keluarga Islam (HKI). Kemudian untuk HMJ Hukum Ekonomi Syariah (HES) terpilih M. Ilham Putranto sebagai ketua dan Daffa Maulidio Inzaghi dan wakil ketua (225 suara). Sedangkan untuk ketua dan wakil ketua HMJ Hukum Tata Negara (HTN) Amalia Fatimah A dan Akhdan Abbad T (109 suara).

Penetapan selanjutnya dari SEMA daerah pilihan (Dapil) yang diawali dari jurusan HKI, yakni Putri O (52 suara), Rifki A (52 suara), M. Ayub M (65 suara), dan Taufik H. (63 suara). Berlanjut dari Dapil HES Ahmad Anwar (87 suara) dan M. Ulil Albab (61 suara).  Sedangkan dari Dapil HTN yang terpilih yaitu Tri Wulan (21 suara), Saras Sella (15 suara), Desy P (54 suara), dan Saharin Al R (44 suara). Kemudian dilanjutkan penetapan DEMA F dengan Niqma Ulil F sebagai ketua dan Angga Yoga P sebagai wakil ketua (466 suara).

Penetapan selanjutnya datang dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Pertama dari HMJ Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Choirul Anam dan Anisatur R (454 suara); jurusan Tadris Ilmu pengetahuan Alam (T.IPA) Rohmat Rizal  A dan Agus Fatoni (109 suara); Tadris Bahasa Inggris (TBI) Intan A dan Lutfah R (113 suara); Pendidikan Agama Islam (PAI) M Rizky Efendy dan Asyaffaratamananda J (218 suara); Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Nindina H dan M Arif Faisal (135 suara); Tadris Bahasa Indonesia (T.BINA) Sekar Putri dan Nova Riyanti (29 suara); Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial (T.IPS) Imroatul dan Abid Nur (146 suara); Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Nirmala dan Nanda Pratiwi (85 suara); serta Tadris Matematika (T.MTK) Lutviana dan Yanti A (35 suara).

Lalu, dilanjutkan dengan penetapan anggota SEMA FTIK dari Dapil PAI yaitu Ervina Amalia (281 suara) dan Kinarsih N (132 suara); Dapil MPI Hamid Nur (178 suara); Dapil PGMI Abdullah (126 suara), Bela H. (66 suara), dan M Choirul (188 suara); Dapil T.IPS Aji Khamdan (147 suara); Dapil T.IPA Kamila Z (104 suara) dan Fauzani (63 suara); Dapil TBI Sendi S (59 suara) dan Abimanyu (38 suara). Sedangkan dari DEMA-F terpilihlah Rizki Maulana selaku ketua dan Yudi Primatama selaku wakil ketua (1.674 suara).

Lalu untuk Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD), penetapannya dimulai dari HMJ Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), dengan Sapta - Ady terpilih sebagai ketua dan wakil ketua (143 suara); M Ilham - Afif (14 suara) sebagai ketua dan wakil ketua HMJ Sejarah Peradaban Islam (SPI); Fatim - Imam (95 suara) dari Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI); serta Iqbal - Sindi (151 suara) dari Ilmu Al-Quran dan Tafsir (IAT).

Sedangkan di tingkat SEMA-F, ditetapkanlah anggota senat dari Dapil KPI yakni Zahrovi (57 suara), Tsaniya (91 suara), Yuyun (50 suara), Moh Hakiki (45 suara); Dapil BPI, yaitu Aprilia (51 suara) dan M. Shofiyul (48 suara); Dapil SPI, yaitu Putra (14 suara) dan Anggun (6 suara); serta dari Dapil IAT adalah Cici Novianti (95 suara) dan Khoirul Khagidhah (56 suara). Pada tingkat DEMA, terpilihlah pasangan M Alif Kanzul dan Mahdha Kamilah (500 suara) sebagai ketua dan wakil ketua DEMA FUAD.

Sama halnya dengan tiga fakultas di atas, urutan penetapan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) bermula dari HMJ, SEMA-F, dan DEMA-F. Untuk HMJ Ekonomi Syariah (ES), terpilihlah Yudha Pratama dan Yoga Adi sebagai pasangan ketua-wakil ketua HMJ ES (248 suara). Sedangkan untuk HMJ Perbankan Syariah (PS) terpilihlah M Choirul dan Monica Rahayu sebagai ketua dan wakil ketua (248 suara). Terakhir dari HMJ Manajemen Zakat dan Wakaf (MAZAWA), terpilihlah M Ikhwan selaku ketua dan Harun Asyari selaku wakil ketua (35 suara).

Dalam penetapan anggota SEMA-F, dari Dapil ES terpilih Tania (97 suara), Sinta (67 suara), Fahmi (73 suara), Tasia (66 suara), dan Aziz Nur (200 suara); Dapil PS Mutiara (50 suara), Misbahul (162 suara), Wiwang (56 suara), Rizky (50 suara), dan Devi (83 suara); serta Dapil MAZAWA Naluri (16 suara) dan Aziz Sulistyo (19 suara). Terakhir, untuk penetapan ketua dan wakil ketua DEMA-F terpilih yaitu Bayu Rizal dan Riyan Wiji (866 suara).

Setelah penetapan dari masing-masing fakultas selesai, maka dilanjutkan dengan penetapan dari tingkat institut. Pada tingkat SEMA, ditetapkan Naja (221 suara), Achmad (121 suara), dan Gora (169 suara) dari Dapil FASYA; Diyan (617 suara) dan Yusnida (309 suara) dari Dapil FEBI; Putri (65 suara), Lutfa (105 suara), Imam (224 suara), dan Al Fina (88 suara) dari Dapil FUAD; Mas Rukhin (202 suara), Viki (201 suara), Yuniga (206 suara), dan Istiqomah (300 suara) dari Dapil FTIK 1; serta M Fatkhul (307 suara) dan Yusril (410 suara) dari Dapil FTIK 2.

Terakhir adalah penetapan ketua dan wakil ketua DEMA-I. Ditetapkanlah M Khabib Baidowi sebagai ketua DEMA-I dan Rahman Dwi R sebagai wakil ketua DEMA-I dengan 3.588 suara.

Menanggapi pelaksanaan penetapan, Luqman selaku ketua KPUM-I mengatakan bahwa tidak terdapat kendala yang begitu berarti. Hanya saja terdapat kemunduran waktu penetapan karena membutuhkan waktu dalam menyiapkan surat ketetapan. “Kalau surat ketetapan dibuat sebelum acara kan tidak bisa, baru setelah rapat sidang pleno tertutup baru di bikin,” ujarnya.

Penetapan calon terpilih ini kemudian ditutup dengan sambutan oleh ketua DEMA-I terpilih. Dalam sambutannya, ia berharap ORMAWA bisa bersinergi. “Harapannya kita bisa bersinergi dan meningkatkan diri demi progresivitas ORMAWA,” kata Khabib.

 

Reporter: Siti, Sedayu, Esti, Dela

Penulis: Siti


No comments

Komentar apapun, tanggung jawab pribadi masing-masing komentator, bukan tanggung jawab redaksi.