Iklan Layanan

Cuplikan

Pre-Test Mahasura Muda: Uji Pemahaman Mahasiswa Baru Mengenai Kampus

 

(Laman pre-test PBAK 2021)

lpmalmillah.com - Kamis (12/08/2021), Dewan Eksekutif Mahasiswa Institut (DEMA-I) mengadakan pre-test untuk Mahasura Muda. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK). Pre-test dilaksanakan secara daring via google-form dengan jumlah 20 soal mulai pukul 11.00 sampai 16.00 WIB. Pre-test ini diikuti sekitar 2.477, dari 2.780 mahasiswa baru. 

Pre-test merupakan sebuah tes yang bertujuan untuk mengukur pengetahuan awal Mahasura Muda tentang IAIN Ponorogo dan kemahasiswaan. “Tujuannya untuk mengeksplor mahasiswa baru sejauh mana pemahamannya terkait IAIN Ponorogo. Pemahamannya tentang apa sih yang ada di IAIN Ponorogo,” ungkap Riyan Gunawan, selaku wakil ketua DEMA-I IAIN Ponorogo.

Lebih lanjut, Riyan memberitahukan terkait teknis pre-test. Adapun metode yang digunakan berupa quiz. “Pelaksanaan pre-test di google-form, jadi berbentuk quiz. Jadi, gampang untuk maba. Kalau sistemnya nanti isian, dapat membingungkan maba. Juga mengantisipasi maba iseng mengisi jawaban dengan jawaban yang tidak nyambung dengan pertanyaannya,” jelasnya.

Elvi Ameliya Damaya dari Jurusan Hukum Ekonomi Syari’ah (HES), mengungkapkan bahwa pre-test lumayan sulit. “Menurutku lumayan susah, soalnya belum tahu banyak tentang kampus,” kata Elvi.

Senada dengan itu, Dea Ayu Puspitasari dari Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) juga kesulitan dalam mengerjakan pre-test. “Lumayan susah. Susah karena ada hal yang awam banget bagiku. Contohnya, UKM dan UKK. Aku gak tahu itu apa,” terangnya.

Meskipun mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal pre-test, Dea menyampaikan bahwa dengan adanya pre-test bisa memberikan informasi kampus yang belum diketahui sebelumnya. “Tanggapanku tentang pre-test lumayan untuk sebuah pembukaan setidaknya udah tahu istilah-istilah dalam kampus yang gak pernah didengar sebelumnya, walaupun belum tahu makna sesungguhnya,” tuturnya.

Reporter: Itsna, Denies, Azizah

Penulis: Itsna, Denies, Aldian


No comments

Komentar apapun, tanggung jawab pribadi masing-masing komentator, bukan tanggung jawab redaksi.