Iklan Layanan

Cuplikan

Lolos Verifikasi, Bakal Calon Ketua Ormawa RM IAIN Ponorogo Ditetapkan


Pengambilan nomor urut
    lpmalmillah.com - Kongres IV telah melalui agenda pendaftaran dan penetapan bakal calon ketua Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Republik Mahasiswa (RM) IAIN Ponorogo. Pendaftaran ini berlangsung sejak tanggal 13-18 Juni 2020. Sedangkan proses verifikasi mulai tanggal 19-21 Juni 2020 serta  pengumuman dan penetapan bakal calon pada 22 Juni 2020. Dilanjutkan pengambilan nomor urut pada 23 Juni 2020.

    Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) menentukan persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjadi calon ketua Ormawa RM IAIN Ponorogo, mulai dari persyaratan Ketua Senat Mahasiswa (SEMA) Institut dan Fakultas, Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Institut dan Fakultas, serta Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ). Informasi ini disiarkan melalui akun Instagram KPUM Institut (KPUM-I) dan KPUM Fakultas (KPUM-F).

    Persyaratan untuk calon ketua Ormawa RM IAIN Ponorogo termaktub dalam UU Kongres pasal 51 sampai dengan 55. Persyaratan tersebut dikumpulkan dalam bentuk file PDF, foto dan video (RAR/ZIP). Sedangakan untuk formulir pendaftaran tersedia dalam bentuk link yang mana antara calon ketua Ormawa satu dengan yang lainnya berbeda.

    Selang beberapa hari setelah pendaftaran dan verifikasi berkas, selanjutnya pengumuman dan penetapan bakal calon secara serentak oleh KPUM-I dan KPUM-F. Pengumuman tersebut disiarkan secara langsung melalui Instagram KPUM-I dan KPUM-F pada Senin (22/06/2020) lalu.

    Nuke Widiyawati selaku ketua KPUM-I memberikan keterangan terkait pendaftar bakal calon SEMA-I dan DEMA-I. Ia mengungkapkan bahwa pendaftar calon Ketua SEMA-I hanya satu orang. “Iya atas nama Genta Firman Al-Aziz dari Fakultas Syariah jurusan Hukum Ekonomi Syariah,” ungkapnya

    Sementara itu, untuk pendaftar pasangan calon Ketua DEMA-I ada dua pasang. “Ada dua pasang calon Ketua DEMA-I, dimana kedua pasang calon lolos uji verifikasi berkas,”  tutur Nuke.

    Dua pasang calon Ketua DEMA-I tersebut adalah Ahmad Damar Samlani (Perbankan Syariah) dan Muhammad Ma'ruf (Pendidikan Agama Islam) sebagai sebagai calon ketua dan wakil ketua dengan nomor urut 01. Sedangkan pasangan calon nomor urut 02 yaitu Ibnu Hamdan Muzakky (Pendidikan Agama Islam)  sebagai calon ketua dan M. Aziz Roziqin (Pendidikan Agama Islam) sebagai calon wakil ketua.

    Di tingkat fakultas, Rizky selaku Ketua KPUM Fakultas Syariah (FASYA), menyampaikan bahwa jumlah pendaftar untuk SEMA FASYA terwakili oleh satu kandidat yang lolos verifikasi. “Untuk SEMA FASYA ada 1 pendaftar yang lolos verifikasi data, yaitu atas nama Khoirul Hanafi dari jurusan Hukum Ekonomi Syariah,” tutur Rizky.

    Sedangkan untuk DEMA FASYA terdapat dua pasang calon yang lolos. Dua pasang calon yang lolos untuk DEMA-F berasal dari Jurusan yang sama yaitu Hukum Keluarga Islam. “Galuh Fajar Panjalu sebagai calon ketua dan Annisa Firdausi Nuzula sebagai calon wakil ketua (nomor urut 02). Sedangkan pasangan calon yang satunya Nafiatul Mualifah sebagai calon ketua dan Lutfil 'Aziz Sanjaya sebagai calon wakil ketua (nomor urut 01),” tambahnya.

    Sementara itu, untuk calon Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) hanya ada calon tunggal. “Ada Mashadi Dimas Hidayat sebagai kandidat calon ketua HMJ Hukum Keluarga Islam dan Willy Risnanda Aulia Akbar sebagai kandidat calon ketua HMJ Hukum Ekonomi Syariah,” imbuh Rizky.

    Dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Dharu selaku Ketua KPUM FEBI mengungkapkan tentang pendaftar calon ketua Ormawa FEBI. “Ada dua paslon untuk DEMA dan satu calon untuk SEMA. Kandidat tersebut lolos verifikasi,” ujarnya.

    Sella Febriyanti (Ekonomi Syariah) sebagai calon tunggal Ketua SEMA FEBI. Sedangkan untuk pasangan calon DEMA FEBI yaitu Kanzul Fawaid (Perbankan Syariah) dan Arya Wahyu Pradana (Ekonomi Syariah) sebagai calon ketua dan wakil ketua DEMA FEBI nomor urut 01. Pasangan calon nomor urut 02 yaitu Aris Ashar (Ekonomi Syariah) sebagai calon ketua dan Rangga Ilham (Manajemen Zakat dan Wakaf) sebagai calon wakil ketua.

    Ormawa FEBI di tingkat jurusan terdapat tiga calon Ketua HMJ Ekonomi Syariah. Ridwan Krisna Aditiya (nomor urut 01), Rendra Firmansyah (nomor urut 02), dan Farida Ayu Saputri (nomor urut 03). Calon Ketua HMJ Perbankan Syariah ada dua, yaitu Sefida Setia Handani (nomor urut 01), dan Farid Ahmada Kahfi (nomor urut 02). Sama halnya dengan calon Ketua HMJ Manajemen Zakat dan Wakaf yang juga terdapat dua calon. Septa Cendra Gumelar (nomor urut 01), dan Fauzan Mahmudi (nomor urut 02).

    Sedangkan untuk bakal calon Ormawa FUAD, Putri Maharani selaku sekertaris KPUM FUAD mengungkapkan bahwa SEMA dan DEMA FUAD diisi oleh calon tunggal. “Satu calon untuk SEMA, dan satu pasang calon untuk DEMA,” ungkapnya.

    Dalam penetapan bakal calon, Diyan Fitriani, salah satu anggota KPUM FUAD menjelaskan beberapa calon yang lolos tahap verifikasi. “Ramadhan Nur Muttaqin (Komunikasi dan Penyiaran Islam) sebagai calon ketua SEMA, Riyan Gunawan (Komunikasi dan Penyiaran Islam) dan Salsabila Husna (Komunikasi dan Penyiaran Islam) sebagai calon ketua dan wakil ketua DEMA FUAD,” jelasnya.

    Sedangkan untuk Ormawa tingkat jurusan yaitu Bilad Arkan sebagai calon ketua HMJ Komunikasi dan Penyiaran Islam, Charisma Dewi sebagai calon ketua HMJ Bimbingan Penyuluhan Islam, serta Fahad Ulin Nuha (nomor urut 01), dan Wisma Putri (nomor urut 02) sebagai calon Ketua HMJ Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.

    Terakhir, di FATIK ada satu pendaftar yang lolos tahap verifikasi untuk calon Ketua SEMA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK), yaitu Dody Agus Purwanto (Pendidikan Agama Islam). Serta yang lolos verifikasi sebagai pasangan calon DEMA FATIK terwakili oleh 1 pasang kandidat, yaitu Abdillah Mu’iz (Pendidikan Bahasa Arab) sebagai calon ketua dan Melyna Nurfaidah (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah) sebagai calon wakil ketua.

    Di tingkat jurusan, terdapat beberapa calon tunggal. Samsul Hadi sebagai calon Ketua HMJ Pendidikan Agama Islam, Rahmadi Bagus Wijaya calon Ketua HMJ Manajemen Pendidikan Islam, Erina Dwi Parwati sebagai calon Ketua HMJ Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Bangkit Adi Saputra sebagai calon Ketua HMJ Pendidikan Bahasa Arab, Imroatul Annisa sebagai calon Ketua HMJ Tadris Bahasa Inggris, Andre Nurul Maghribi calon Ketua HMJ Tadris IPA.
  
    Sedangkan untuk jurusan lainnya terdapat calon ganda, Uswatun Nur Annisa (nomor urut 01) dan Nur Iqbal Wildan Abda'I (nomor urut 02) sebagai calon Ketua HMJ Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, kemudian Faza Khozin Al Fadlli (nomor urut 01) dan Risma Vitrinovita Anjarsari (nomor urut 02) sebagai  kandidat yang akan memperebutkan posisi Ketua HMJ Tadris IPS.

    Setelah agenda pendaftaran hingga pengambilan nomor urut, selanjutnya para calon yang lolos verifikasi masuk pada tahap kampanye Kongres IV mulai 23-30 Juni 2020, dimana kampanye dilakukan dengan memperhatikan aturan yang sudah tertulis dalam Peraturan KPUM 2020.

Penulis: Anggi, Zelfani
Reporter: Anggi, Ervin, Yani, Zelfani

No comments

Komentar apapun, tanggung jawab pribadi masing-masing komentator, bukan tanggung jawab redaksi.