Loading...

‘Tanpa Rival’, Debat Kandidat Berganti Orasi Ilmiah




www.lpmalmillah.com- Senin (23/07/2018), di Aula Fakultas Syariah kampus 2 IAIN Ponorogo, Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) dan Panitia Pemilihan Umum Mahasiswa (PPUM) Fakultas Syariah (FASYA) dan Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (FEBI) mengadakan “Orasi Ilmiah dan Penyampaian Visi Misi oleh Kandidat Ketua ORMAWA Intra FASYA & FEBI”. Acara dimulai pukul 13.54 WIB. Acara di moderatori oleh Sindi Kartika mahasiswa semester 6 jurusan Ahwal Syakhshiyyah. Acara tersebut dihadiri oleh sekitar 41 peserta baik dari FASYA maupun FEBI, dan 2 Panelis. Agenda diisi dengan penyampaian visi dan misi juga program kerja (proker) calon ketua ormawa intra, kemudian pertanyaan kepada calon ketua ormawa intra dari panelis, serta pertanyaan audience pada calon ketua ormawa intra, dan yang terakhir closing. Kandidat calon ketua diantaranya yaitu, Senat Mahasiswa (SEMA) FASYA dan FEBI, Dewan Ekskutif Mahasiswa (DEMA) FASYA dan FEBI. Dari HMJ FEBI dilakukan oleh Ekonomi Syariah (ES), Perbankan Syariah (PS), dan Manajemen Zakat dan Waqaf (Mazawa), serta dari FASYA ada Ahwal Syakhsiyyah (AS) dan Muamalah. Seluruh kandidat merupakan calon tunggal yang akan disandingkan dengan kotak kosong saat pemilwa tanggal 26 Juli mendatang.

Diawali dari penyampaian visi misi dan proker dari calon ketua SEMA FASYA dan FEBI, yaitu Endra Febrianto dari jurusan Muamalah semester 4, dan Bagus Ervin Nur Fauzi dari jurusan Ekonomi Syariah semester 4. Eksistensi SEMA menjadi pertanyaan dari salah satu audience yang hadir, Mukhlis Aminudin selaku ketua SEMA FASYA Domisioner mengajukan pertanyaan, “Peran atau langkah apa yang diambil calon SEMA kedepan untuk mengawal sinergitas di Republik Mahasiswa IAIN Ponorogo?,” tanya Mukhlis.

Menjawab pertanyaan tersebut, Endra menanggapi bahwa ia menawarkan proker seperti kegiatan di wilayah legislatif, juga pengkaderan di lingkup-lingkup sekolah legislatif. Serupa dengan Endra, Bagus Ervin menanggapi dengan kinerja SEMA pada 3 fungsi SEMA, yaitu controlling, budgeting, dan aspiration. “SEMA harus punya progresivitas dari segi wawasan ataupun akademis,” ujar Bagus.

Selesai closing dari calon ketua SEMA FASYA dan FEBI, dilanjutkan dengan penyampaian visi misi, dan proker oleh calon ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) FASYA dan FEBI, yaitu Silvia Nahla Sari dan Iqbalrul Faizin paslon ketua dan wakil ketua DEMA FASYA, serta Aji Binawan Putra dan Khafidh Irfan Fauzi paslon ketua dan wakil ketua DEMA FEBI. Visi dan misi paslon DEMA FEBI yang menekan pada nilai output yaitu punya softskill dan pengalaman, sedangkan dari FASYA yang bertendensi dalam bidang hukum tentu visi misi paslon DEMA FASYA menekan pada penegak keadilan.

Hal tersebut mendapat tanggapan dari panelis, Wahyu Saputra, “Secara visi misi jelas. Terkait orientasi, grand design-nya apa? Bagaimana dibuat dan dijadikan komitmen untuk dijalankan satu periode kedepan?” ujar Wahyu. Silvia menanggapi hal tersebut dengan mengatakan, “Berusaha melibatkan seluruh mahasiswa Syariah dalam lingkup Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Muamalah dan Ahwal Syakhsiyyah.”

Hal lain diungkapkan oleh Aji Binawan selaku calon ketua DEMA FEBI, yaitu mengemas proker mengenai keekonomian lewat seminar bisnis Islam, serta koordinasi dari pihak fakultas. Aji menambahkan penjelasan terkait prokernya. “Saya membuat program kerja salah satunya pasar budaya ekonomi, yang di dalamnya mencakup seminar-seminar, bazar, lomba-lomba, dan pada puncaknya adalah malam budaya dengan penampilan pentas seni,” ujar Aji.

Closing Calon DEMA Fakultas usai, dan dilanjutkan Orasi calon Ketua HMJ FEBI. Dari jurusan ES yaitu Miftahul Mukhlis, kemudian PS yaitu Ahmad Damar Samlani, dan MAZAWA yaitu Arif. Calon ketua HMJ Ekonomi Syariah menawarkan prokernya, bahwa akan membuat grup atau forum diskusi mengenai ekonomi dan bisnis. Menurutnya dengan adanya forum tersebut akan menambah keintelektualan mahasiswa, dan harmonisasi antar mahasiswa. Saya juga akan mengadakan pelatihan literasi dasar agar minat membaca mahasiwa bertambah dan bisa memahami serta mengaplikasikannya dalam perkuliahan,” imbuh Miftahul.

Usai orasi dari calon ketua HMJ FEBI, dilanjutkan kepada calon ketua HMJ FASYA, dari jurusan muamalah bernama Agus Mujiranto, dan AS  yaitu Whaluyo Danu Tirto. Agus mujiranto menyampaikan proker yang ditawarkannya selaku calon ketua HMJ Muamalah, yaitu Festival ekonomi Law, Diklat Organisasi dan kepemimpinan, diskusi fakultatif, dan non-fakultatif, dan yang terakhir adalah studi banding. “Dimana itu nanti akan ada progam kerja mingguan, bulanan dan tahunan,” ujar Agus.

Reporter : Eka, Dendy, Yulia, Lia

Penulis: Dendy, Yulia




Slider 2769748847612547305

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Follow by Email

ADS

Popular Posts

Random