Loading...

SIDANG II: Sema Tetapkan Kandidat Ketua OMIK



SIDANG II: Sema Tetapkan Kandidat Ketua OMIK


lpmalmillah.com, Ponorogo – Sidang Paripurna kedua dilaksanakan pada Minggu (09/07) di Graha Watoe Dhakon sebagai tahapan dari prosesi kongres yakni pengumuman dan pembagian nomor urut kandidat ketua OMIK (Organisasi Mahasiswa Intra Kampus). Sidang dimulai pukul 09.02 WIB dan sempat di-skorsing selama duapuluh menit oleh pemimpin sidang paripurna kedua, Rizki Wahyudatama. Hal itu dikarenakan jumlah peserta belum memenuhi persyaratan sidang. Ketika sidang awal dibuka peserta penuh dan peninjau masih berjumlah masing-masing tujuh mahasiswa. Sedangkan calon kandidat berjumlah 20 mahasiswa yang telah hadir di arena acara.
Tepat pukul 09.28 WIB skorsing dicabut, dan sidang kembali dimulai. Para kandidat yang berjumlah 31 dari masing-masing lembaga sudah menempati ruangan. Yusuf Fadillah sebagai ketua KPUM (Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa) mengatakan bahwa semua bakal kandidat telah lolos verifikasi. Persyaratan sudah dilengkapi oleh setiap pendaftar. Realitanya mayoritas dari OMIK memiliki tim tunggal atau satu pendaftar bakal kandidat. Apabila satu-satunya bakal kandidat tersebut tidak lolos persyaratan, maka stand pendaftaran akan diperpanjang tiga hari.
“Sebenarnya kami sudah mengantisipasi apabila ada tim tunggal, dan ternyata benar banyak tim tunggal. Tapi alhamdulilah mereka lolos verifikasi,” terang Yusuf. Pernyataan ketua KPUM tersebut dibuktikan dengan beberapa lembaga seperti Dema dan Sema Institut yang hanya memiliki calon tunggal, disamping Sema dan Dema Fakultas serta beberapa HMJ.
Tim tunggal disebabkan beberapa faktor. Menurutnya antusiasme yang minim dari mahasiswa untuk mengajukan diri sebagai bakal kandidat menjadi pemicu utama. Dari tim KPUM sendiri sudah berusaha memaksimalkan sosialisasinya perihal persyaratan sebelum Opening Ceremony kongres. “Tidak hanya pamflet-pamflet, tetapi medsos lainnya seperti facebook, Instagram, dan grup-grup Whatsapp juga menjadi sarana sosialisasi kita. Meski dimungkinkan banyak grup yang belum tersebar pamflet. Bahkan kongres ini juga sudah disosialisasikan sebelum lebaran, sehingga jangka waktu yang disediakan untuk persiapan calon cukup lama,” tambah Yusuf.

Berikut ini nama-nama bakal calon ketua yang lolos verifikasi KPUM:

NO
NAMA
LEMBAGA
1
Moh. Faishal Arifin
DEMA INSTITUT
2
Rohman Rifa’i
SEMA INSTITUT
3
Allisa Adhitya Asep Irfana
DEMA FATIK
4
Ridwan
SEMA FATIK
5
Mohammad Amrulloh Iqbal Alma’ruf
HMJ PGMI
6
Siti Alfiah
HMJ PGRA
7
Arsyad  M.S.
HMJ Tadris IPS
8
Dedy Irawan
HMJ Tadris IPA
9
Listyaningsih
HMJ PBA
10
Jarwati
HMJ TBI
11
M. Ainul Fuadi
HMJ TBI
12
Luluk Rahmatia Trisna Aini
HMJ TBI
13
Ima Agista
HMJ TBI
14
M. Afitamam
HMJ MPI
15
Mutia Devi
HMJ MPI
16
Desi Lestari
HMJ MPI
17
Adhie Handika R.D
DEMA FASIH
18
M. Mukhlis Aminudin
SEMA FASIH
19
M. Dwi Chandra Saputra
HMJ AS
20
Khoirul Mukhlisin
HMJ MU
21
E.M Angga Dafid
DEMA FEBI
22
Ilham Mazda
SEMA FEBI
23
Aji Binawan Putra
HMJ PS
24
Bagus Erfin
HMJ ES
25
Muhammad Riska Darmawan
HMJ ZAWA
26
Adi Ali Hamzah
DEMA FUAD
27
Ima Imroatul
SEMA FUAD
28
Aruni haya al Fadli
HMJ IAT
29
Wildan Fahrudin
HMJ IAT
30
Juni Asropi
HMJ BPI
31
M. Alfarizi
HMJ KPI

Nama-nama yang tercatat dalam tabel di atas ditetapkan sebagai bakal kandidat oleh ketua sidang Rizki Wahyudatama dan sekretaris sidang Farid Chairul Ikhwan. Berlangsung juga pemanggilan para calon kandidat dari setiap HMJ, SEMA dan DEMA Fakultas, SEMA dan DEMA Institut untuk diperkenalkan di depan peserta sidang. Setelah itu sidang di-skors sementara. Kelanjutan sidang akan digelar pada Rabu (19/07) bertepatan dengan prosesi pemungutan dan penghitungan suara. Ketika itu pula akan segera diketahui ketua-ketua terpilih.
Sidang berakhir, KPUM mengumpulkan para calon untuk pembekalan kegiatan kampanye selanjutnya. Berbicara terkait persiapan, M. Ainul Fuadi, kandidat HMJ Tadris Bahasa Inggris mengatakan bahwa persiapan paling mendasar untuk menghadapi debat kandidat adalah pendalaman visi dan misi dengan jelas supaya mahasiswa dapat memilihnya tanpa paksaan. Calon terpilih dari jurusan TBI ini juga menyatakan bahwa memasang niat yang benar, tenaga dan pikiran adalah langkah paling awal untuk menuju langkah selanjutnya. “Untuk maju ke langkah selanjutnya maka perlu pasang niat yang benar dan tulus,” kata Fuadi, ketika kami temui usai sidang.
Salah satu rival kandidat Fuadi, Ima Agista, mahasiswa TBI semester dua ini berkata bahwa sebagai persiapannya ia akan memantapkan visi dan misi yang dipegang sehingga ia mampu melaksanakan proses kampanye dengan jujur. “Kejujuran diperlukan untuk menyampaikan visi dan misi, sehingga nantinya kampanye akan berjalan lancar,” ujar Ima Agista.
Lain halnya dengan calon ketua Sema Institut, Rohman Rifa’i, mahasiswa jurusan Muamalah ini menyatakan bahwa kedepannya ia menginginkan Senat Mahasiswa lebih mampu melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik. Menurutnya memperbaiki kekurangan-kekurangan sebelumnya adalah gambaran umum dari misinya sehingga tugas Sema benar-benar dijalankan. Perihal visi dan misinya, ia mengaku akan mengatakannya ketika prosesi debat kandidat yang nantinya akan dilaksanakan pada Senin (17/07). “Visi dan misi akan saya sampaikan ketika debat kandidat nanti,” ujar Rokhman Rifa’i di akhir wawancara.

Penulis                        : Arini S.
Reporter          : Aji, Zahra, Mofik, Irin

Slider 9098421081711329668

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Follow by Email

ADS

Rennes Design

Popular Posts

Random