Loading...

Penerimaan Mahasiswa Baru, STAIN Ponorogo Gelar UM-PTKIN




lpmalmillah.com, Ponorogo- Masa penerimaan mahasiswa baru tahun 2016 STAIN Ponorgo memasuki babak kedua. Setelah SPAN-PTKIN (Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) yang diselenggarakan 9 Maret hingga pengumuman seleksi 23 Mei 2016, kini giliran UM-PTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) digelar. UM-PTKIN merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan secara serentak oleh Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri di bawah koordinasi Direktorat Tinggi Islam Kementerian Agama Republik Indonesia. 

STAIN Ponorogo yang notabene merupakan perguruan tinggi di bawah naungan Kementerian Agama tak luput dari proses seleksi ini, dengan menyelenggarakan UM-PTKIN pada 14-15 Juni 2016 di kampus STAIN Ponorogo. “Dari 31 ruang yang ada, pesertanya sebanyak 805 dan ini dibagi secara online karena dari kita (panitia.red) masih sibuk dengan UAS” kata Basuki, panitia lokal sekaligus Wakil Ketua I bidang akademik.

Basuki juga memaparkan bahwasanya tahun ini STAIN Ponorogo memiliki kuota  mahasiswa baru sebanyak 1950, sehingga kemungkinan besar dari SPAN maupun UM-PTKIN ini sudah memenuhi kuota yang ada. “Kuota untuk tahun ini STAIN ponorogo menerima mahasiswa baru sebanyak 1950 dan kemungkinan ini sudah terpenuhi lewat jalur SPAN dan UM-PTKIN sehingga tak perlu lagi menyelenggarakan ujian mandiri”, ungkap Basuki.

Pelaksanaan UM-PTKIN STAIN Ponorogo yang melibatkan sekitar 164 panitia ini mengujikan sebanyak 5 materi, yaitu TPA (Tes Potensi Akademik), kebahasaan, keislaman, IPA, dan IPS. Selain itu, pelaksanaan tersebut juga mengakibatkan terganggunya proses pelaksanaan UAS (Ujian Akhir Semester) yang kini tengah berlangsung. Hal ini dikarenakan pelaksanaan UM-PTKIN berbenturan dengan jadwal UAS. “Ini merupakan instruksi dari pusat sehingga mau tidak mau kita harus mengikutinya” tambah Basuki.

Para peserta UM-PTKIN juga terlihat antusias dalam mengikuti seleksi. Menurut Jamini, salah satu peserta UM-PTKIN asal Ngawi menilai bahwa pelaksanaan UM-PTKIN sudah baik. “Selama ini menurut saya baik mbak, tidak ada masalah” kata Jamini. 

Hal ini senada dengan pendapat Basuki yang menyatakan bahwa pelaksanaan UM-PTKIN hari pertama berlangsung lancar. “UM-PTKIN hari ini alhamdulillah berlangsung lancar, hasil kelulusan UM PTKIN nanti kita tunggu dari pusat setelah selesai dikoreksi” kata Basuki. ***

Reporter: Ulfa Nadia

Editor: Ihsan Fauzi
Breaking News 7828517364649070502

Post a Comment

emo-but-icon

Home item

Follow by Email

ADS

Popular Posts

Random