Iklan Layanan

Cuplikan

Menjelang PBAK, DEMA-I Gelar Pembekalan Mahasiswa Baru IAIN Ponorogo


(Live streaming Pembekalan Mahasiswa Baru IAIN Ponorogo)

  lpmalmillah.com - Rabu (11/08/2021), Dewan Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Ponorogo (DEMA-I) melaksanakan kegiatan Pembekalan Mahasiswa Baru IAIN Ponorogo yang bertajuk Penjamuan Pertama Sang Mahasura. Dimulai pukul 10.53 WIB, kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui akun YouTube resmi DEMA IAIN PONOROGO dan diikuti kurang lebih 1.400 mahasiswa baru. Acara ini membahas mengenai teknis Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) yang akan dilaksanakan pada 13-15 Agustus 2021.

Pembekalan dibuka dengan sambutan Abdillah Mu’izz selaku ketua DEMA-I. Dalam sambutannya, Mu’izz mengucapkan selamat datang kepada ‘Mahasura Muda’, panggilan untuk mahasiswa baru tahun ini. “Mahasura muda adalah nametag dari angkatan 2021. Mahasiswa baru yang kita harapkan dari Mahasura ini adalah sebuah tokoh pemuda yang berani untuk mencoba, berani untuk berjuang, berani untuk melakukan hal-hal yang memang merupakan tanggung jawab sebagai mahasiswa,” terangnya.

Selanjutnya, Kanzul Fawaid selaku ketua pelaksana PBAK juga memberikan pengarahan tentang PBAK. Khanzul menyampaikan bahwa hari pertama PBAK dilakukan di institut. Kemudian, hari kedua dilakukan di masing-masing fakultas dan untuk hari ketiga dilaksanakan di fakultas dan institut dengan pembagian pagi sampai siang dilakukan di fakultas, sedangkan siang sampai sore dilakukan di institut.

Kanzul juga mengharapkan peserta Mahasura Muda untuk tidak tidur dan merangkum seluruh materi saat PBAK. “Diharapkan peserta Mahasura Watoe Dhakon untuk tidak tidur dan merangkum seluruh materi PBAK. Mahasura akan mendapat sertifikat jika selalu mengikuti seluruh kegiatan PBAK,” ujarnya.

Sementara itu, Aris Azhar selaku Penanggung Jawab Penyelenggaraan PBAK 2021 juga menyampaikan tentang model pelaksanaan PBAK. Aris menjelaskan bahwa PBAK kali ini dilaksanakan secara daring dan luring. Untuk peserta luring, hanya diambil dari beberapa mahasiswa baru. “Secara garis besar, PBAK 2021 itu daring. Namun ada beberapa yang akan datang ke kampus untuk mahasiswa baru yang ikut luring. Untuk yang luring berasal dari mahasiswa yang mendapat Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan persentasenya sepersepuluh persen dari seluruh mahasiswa baru,” jelas Aris.

Di penghujung acara, dilakukan sesi tanya jawab mengenai PBAK. Pertanyaan disampaikan melalui akun Instagram resmi @pbak.iainponorogo, lalu dijawab secara langsung di live streaming Youtube. Adapun pertanyaan dari mahasiswa baru salah satunya mengenai apa saja yang perlu disiapkan saat acara PBAK. 

Menanggapi pertanyaan tersebut, Aris menjawab bahwa hal-hal yang diperlukan saat PBAK nanti diantaranya adalah paket data, gawai, dan catatan. “Pastinya paket data, HP. Kemudian, di rumah juga disiapkan kesehatannya. Jaga kesehatan, jaga imun. Selanjutnya catatan,” jelasnya.

Melalui PBAK 2021, Mui’zz berharap bahwa Mahasura Muda dapat menjadikan IAIN Ponorogo menjadi lebih baik. “Harapan besar dengan kedatangan Mahasura Muda ini, IAIN Ponorogo menjadi jauh lebih baik, mampu berkembang, dan mampu menjadikan kampusnya menjadi kampus yang madani serta menjadi mahasiswa civil society,” harap Mu’izz.

Sementara itu, Febri Diana, salah satu mahasiswa baru jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, turut menyampaikan harapannya. Ia berharap tidak menemui masalah saat pelaksanaan PBAK nanti. “Ya, semoga nanti saat PBAK tidak ada kendala dan dapat lebih memotivasi saya menjadi lebih baik,” ungkapnya. 

Seluruh informasi mengenai PBAK 2021 sendiri bisa diakses di website IAIN Ponorogo atau laman resmi PBAK. “Segala informasi mengenai PBAK 2021 dapat dilihat di laman www.iainponorogo.ac.id atau www.pbak.iainponorogo.ac.id yang merupakan laman resmi PBAK IAIN Ponorogo 2021,” tutur Khoirul Anam sebagai koordinator atau penanggungjawab supervisi di wilayah kepanitiaan

Reporter: Itsna, Denies, Aldian


No comments

Komentar apapun, tanggung jawab pribadi masing-masing komentator, bukan tanggung jawab redaksi.