Iklan Layanan

Cuplikan

Lolos Verifikasi dan Ditetapkan KPUM, Peserta PEMIRA Ambil Nomor Urut

(Foto: Lia)

  lpmalmillah.com - Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) telah melaksanakan penetapan calon pada Senin (21/02/2022) dan pengambilan nomor urut pada Rabu (23/02/2022). Penetapan calon diadakan di gedung Indrakila IAIN Ponorogo mulai pukul 14.00 WIB. Sedangkan untuk kegiatan pengambilan nomor urut diadakan di tempat dan waktu yang berbeda setiap fakultasnya. Acara tersebut dihadiri oleh sebagian besar calon peserta kongres dan panitia kongres. Sama halnya dengan tahun lalu, acara ini juga disiarkan secara langsung di Instagram KPUM Institut (KPUM-I) maupun KPUM Fakultas (KPUM-F). 

Arif Muhammad, selaku ketua KPUM-I memberikan keterangan mengenai proses verifikasi sebelum calon ditetapkan. Ia mengatakan bahwa verifikasi dilakukan untuk memeriksa validitas berkas sesuai dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan, mulai dari kualitas hingga legalitasnya. “Jadi, verifikasi berkas itu untuk mengecek validitas dari berkasnya, yang pertama sesuai dengan ketentuan yang diberikan, yang kedua kualitas, yang ketiga legalitasnya terbukti atau tidak,” ungkapnya. 

Penetapan calon peserta Kongres dilaksanakan serentak oleh KPUM-I dan KPUM-F. Dari hasil penetapannya, terdapat pasangan calon tunggal untuk DEMA Institut, Aldila Mayang Putri Rahayu (Hukum Ekonomi Syariah) dan Farid Ahmada Kahfi (Perbankan Syariah) dengan nomor urut 01. 

Sedangkan untuk SEMA Institut terdapat 17 calon peserta yang lolos verifikasi diantaranya, Ridwan Krisna Aditya (Dapil FEBI 01), Almas Nor (Dapil FEBI 02), Fahrian Fadhillah (Dapil FEBI 03), Agan Maulana (Dapil FEBI 04), Shofua Ulfa Fuadah (Dapil FUAD 01), Anwar Hidayatullah (Dapil FUAD 02), Kevin Pramana Putra (Dapil FUAD 03), Agustina Rahmatika (Dapil FUAD 04), Amirul Mukhlis (Dapil FASYA 01), Sella Ellisa (Dapil FASYA 02), Andre Nurul Magribi (Dapil FATIK I 01), Elsa Monica (Dapil FATIK I 02), Arida Alvinarista (Dapil FATIK I 03), Siska Rahayu (Dapil FATIK I 04), Alfina Rahmawati (Dapil FATIK II 01), Afif Zaki (Dapil FATIK II 02), dan Fitriya Tahta (Dapil FATIK II 03). 

Arif juga menjelaskan terkait jumlah pendaftar di SEMA maupun DEMA Institut. “Di situ kan ada dua lokus, di SEMA Institut dan DEMA Institut. Di SEMA Institut itu yang mendaftar 17 mahasiswa dan di DEMA Institut cuma satu pasangan calon. Dan Alhamdulillah, tidak ada kecacatan berkas di dalamnya,” jelas Arif

Terkait data mahasiswa yang mendaftar, diketahui partisipasi mahasiswa lebih sedikit dibandingkan dengan tahun sebelumnya, namun di tahun lalu terdapat beberapa berkas yang mengalami kecacatan sehingga dinyatakan tidak lolos seleksi. “Jadi di tahun ini yang mendaftar cuma sedikit dan semuanya lolos. Kalau tahun lalu, partisipasi dari mahasiswa cukup banyak tapi ada beberapa kecacatan berkas.” tambah Arif.

Minimnya partisipasi mahasiswa pun memicu banyaknya calon tunggal di tingkat Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ). Seperti di Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD), dengan nama kandidat ketua yaitu Imam Mustajab Z.F (KPI 01), Ridwan Hambali (IAT 01), Muhammad Ashar (BPI 01) dan Imanina Ilhami (BPI 02). 

SEMA FUAD mendapati 9 calon yang dinyatakan telah lolos verifikasi sebagai peserta Pemilihan Raya Mahasiswa (Pemira) yang terdiri dari Ardefa Adhi Nugraha (BPI 01), Putri Laelatul Imaroh (BPI 02), Prayoga Pramunaga (BPI 03), Anisa Aulia (KPI 01), Reza Rahastri NS (KPI 02), Lutfa Umi Masruroh (KPI 03), Siti Julaikhah (KPI 04), Nuriyah (IAT 01), dan Al Fina Shoffatul (IAT 02). 

Sedangkan untuk DEMA FUAD, satu pasangan calon (paslon) yang lolos verifikasi data yaitu Afif Fathurrahman (KPI) dan Wahyu Wijayanto (IAT) dengan nomor urut 01. Di tingkat fakultas, Agus Rahmat selaku ketua KPUM FUAD memaparkan terkait jumlah pendaftar untuk SEMA, DEMA dan HMJ yang lolos seleksi, “Calon DEMA-nya dua (satu paslon, red.), terus HMJ-nya calon tunggal, HMJ KPI juga calon tunggal, cuma yang BPI ada 2 calon ketua,” ujarnya.

Pada Fakultas Syariah (FASYA), jumlah peserta yang lolos verifikasi SEMA ada 10 peserta yakni Pipit kulsum (HTN 01), Gora satrio (HTN 02), Asta (HTN 03), Bagus (HKI 01), Alin (HKI 02), Ahmad Khourulmuna (HKI 03), Muhammad Yusuf (HKI 04), Nur Imroatin (HES 01), Muhammad Ardika (HES 02), dan Naja Aulia (HES 03). 

Sedangkan untuk DEMA FASYA, terdapat satu paslon yang lolos verifikasi data yaitu Muhammad Afif Baidhowi dan Nanda Dwi Wulandari yang berasal dari Jurusan HKI dengan nomor urut 01. Untuk tingkat Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) terdapat nama Syifaul Nuriana (HKI 01), Muhammad Afrizal Tri (HTN 01) dan Muhammad Jauhar Makmur (HES 01).

Dari hasil verifikasi yang telah dilakukan oleh KPUM-F, terdapat calon yang akan menduduki jabatan sebagai ketua HMJ di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK). Nama-nama bakal calon yang terpilih yakni Azizah (PAI 01), Yunida Riski (PGMI 01), Masruqin Misbakhul Huda (MPI 01), Fitria Putri (PIAUD 01), Maya Erina Wati (PBA 01), Fiki Alifa Mualimah (Tadris IPA 01), Fauli Afrida (Tadris IPS 01), dan Hanifa Dwi R (TBI 01). 

Sementara itu, terdapat 14 peserta yang dinyatakan lolos verifikasi SEMA FATIK. Peserta tersebut terdiri dari Wilda Ananda (PGMI 01), Riski Eko (PGMI 02), Dian Kurniawati (PGMI 03), Yuni Widya Yanti (PGMI 04), Khoirul Ansari (PAI 01), Nihayatul Afifah (PAI 02), Yusil Anwar (PAI 03), Ardian Susanto (PAI 04), Faradila Detisa (MPI 01), Siti Nur Hasanah (MPI 02), Fairul Zabadi (TIPA 01), Masruhan (TIPS 01), Nadinsa Yola (TBI 01), dan Muhammad Faris (PBA 01).  

Lebih lanjut, berdasarkan penuturan Hanifah Miftahurrizki selaku Ketua KPUM FATIK, terdapat dua paslon DEMA FATIK yang lolos yakni, Istiqamah (PGMI) dan Muh Tohari (IPA) sebagai calon ketua dan wakil ketua nomor urut 01. Sedangkan pasangan calon nomor urut 02 yaitu Dibyo (IPS) dan Della Arvita (MPI). 

Terkait hal tersebut, Hanifah juga memberikan keterangan mengenai jumlah pendaftar di FATIK. “Kalau dari Senat Mahasiswa 14, DEMA 4 (jadi 2 paslon), HMJ semuanya 8 calon, setiap jurusan hanya satu pendaftar,” tuturnya. 

Peserta yang lolos verifikasi SEMA Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) berjumlah 10 orang yang terdiri dari, Muhammad Amrul (ES 01), Muhammad Najad Amrul Huda (ES 02), Bagus Setyo Budi (ES 03), Maya Dwi Anggraini (ES 04), Muhammad Bahrudin (ES 05), Arya Saputra (ES 06), Putri (PS 01), Salsabila (PS 02), Pipit Widyawati (PS 03), dan Bekti Dwi Cahyanti (Mazawa 01). 

Terakhir, untuk DEMA FEBI terdapat satu paslon yaitu Rahmad Dwi Prasetyo (ES) dan Dika Yulianto (PS) dengan nomor urut 01 dan dari tingkat jurusan terdapat calon tunggal ketua HMJ diantaranya, Dian Lestari (PS 01), Oksahida Ulil (ES 01) dan Maskurizal (MAZAWA 01). 

Reporter: Yamilla, Zulfa, Vivia, Dita, Esti, Cantrisah, Lia
Penulis: Yamilla, Esti

No comments

Komentar apapun, tanggung jawab pribadi masing-masing komentator, bukan tanggung jawab redaksi.

banner