Loading...

BUKAN ORIENTASI PERGANTIAN SEMATA


Opini oleh Zona

www.lpmalmillah.com- Masih berbicara mengenai sosialisasi KPUM pada (16/07/18). Mereka mengadakan sosialisasi kongres tatap muka antar mahasiswa yang membicarakan mengenai persyaratan kriteria calon peserta PEMILWA (pemilihan mahasiswa) dan runtutan jadwal kegiatan yang akan dilaksanakan akhir pekan ini. Agenda sosialisasi KPUM dihadiri oleh Ketua KPUM dari Fakultas masing-masing beserta anggotanya dan beberapa perwakilan mahasiswa yang ikut berperan aktif didalamnya. Berperan aktif mengikuti acara tersebut, namun entah hanya ikut serta atau ikut-ikutan semata.
Persiapan PEMILWA yang dilakukan diakui oleh KPUM baru berjalan kurang lebih 50%, bisa dibilang masih minim. Sosialisasi dilakukan begitu singkat dan persiapannya terkesan mendadak jadi sosialisasi tidak berjalan maksimal. Sama seperti agenda sebelumnya, pemilihan calon KPUM yang terkesan mendadak yaitu dilakukan selama tiga hari, lalu interview, kemudian langsung pembukaan kongres pada esok harinya.
Proses PEMILWA pun diadakan bertepatan dengan UAS, sama halnya dengan agenda tahun lalu yang mengadakan kongres bersamaan dengan UAS. Ini jelas membuat mahasiswa kebingungan dalam mengikuti acara tersebut. Apalagi mahasiswa yang awam atau sama sekali tidak mengetahui apa yang harus dilakukan.
Dalam pelaksanaan sosialisasi panitia KPUM dari Institut maupun Fakultas sendiri sudah membuat rancangan kegiatan seperti pembuatan banner dan pamflet yang dipasang pada selasa pagi. Ini semua bertujuan agar mahasiswa mengetahui kriteria calon kandidat yang benar-benar mampu menaungi mahasiswa. Sebagai calon kandidat ia harus benar-benar mengerti apa yang harus dikerjakan. Menjalankan visi misi yang telah disampaikan dan menepati janji manis yang diucap. 

 Jadi dalam sebuah kongres sendiri tidak hanya berorientasi pada pergantian kepemimpinan lama kepada yang baru semata, namun perlu dilakukan evaluasi kelembagaan secara internal maupun mengkontruksi kiprah eksternalnya. Agar organisasi tersebut dapat berjalan kedepan. Perihalnya dalam sebuah organisasi harus bisa menyesuaikan diri dengan realitas yang ada. Bukan malah mempertahankan tradisi lama yang tidak relevan.
Slider 7868187794714683938

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Follow by Email

ADS

Popular Posts

Random