Loading...

KOPMA FAIR HARI PERTAMA: Kenalkan Dunia Perkoperasian Melalui Olimpiade Koperasi Kepada Siswa Menengah Atas



lpmalmillah.com, PonorogoKOPMA al-Hikmah IAIN Ponorogo kembali menggelar KOPMA Fair  dengan tema “Peran Generasi Muda dalam Membangun Perekonomian di era milenial.” yang bertempat di Aula gedung Indrakila. Acara tersebut merupakan agenda KOPMA yang diselenggarakan dalam dua tahun sekali. Salah satu agenda yang terselenggara dalam KOPMA Fair  adalah Olimpiade Koperasi (19/03/2018).

Panitia menggandeng siswa SMA sederajat se-Kerasidenan Madiun sebagai peserta olimpiade. Berjumlah 21 orang yang merupakan delegasi dari 4 sekolah yang terbagi menjadi 7 tim dengan massing-masing tim beranggotakan 3 orang. Sekolah tersebut antara lain; MAN Takeran Magetan, SMAN 1 Pulung, SMA Muhammadiyah Ponorogo, dan SMAN 1 Pacitan dengan masing-masing sekolah mengirim dua atau tiga. “Pesertanya memang sedikit, karena tidak semua SMA sederajat se-Karesidenan Madiun mengikutinya, melainkan hanya diundang dan mengirimkan delegasinya. Pesertanya difokuskan pada SMA dan MA karena SMK biasanya lebih difokuskan untuk magang”, tambah Agus Tarmo selaku  ketua panitia KOPMA Fair.

Kegiatan olimpiade koperasi dibagi menjadi tiga babak. Babak pertama tentang pilihan ganda, babak kedua tentang salah benar, dan babak ketiga berupa adu cepat dalam menjawab. Sedangkan tujuan dari olimpiade adalah untuk ajang sosialisasi pengetahuan tentang koperasi dan menambah wawasan perkoperasian pada masyarakat khususnya para siswa. “Meningkatkan semangat bagi pelajar agar giat belajar dalam mendalami ilmu perkoperasian, juga ajang promosi IAIN Ponorogo kepada sekolah-sekolah yang datang”, terang Agus.


Menurut Munik Triana, guru MAN 1 Magetan, mengklaim bahwa acara yang diselenggaraakan KOPMA sangat menarik, terutama ketika sesi perebutan jawaban. “Semoga menjadi proses yang bagus untuk masa depan yang baik”, ungkap Munik di penghujung acara.

Peserta terlihat berlomba-lomba mendapatkan tambahan poin terbanyak sebagai juara olimpiade. “Antusiasme peserta terlihat saat babak ketiga, adu cepat menjawab karena berlangsung dengan sengit saat peserta beradu argument,” tambah Agus.

Agus menabahkan bahwa pengumuman pemenang akan diumumkan besok, Selasa (20/3/2018). Sementara hadiah perlombaan masih dirahasiakan. “Besok pengumuman pemenangnya diumumkan. Untuk hadiah, jumlah uang pembinaannya masih dirahasiakan”, tambah Agus.

Reporter: Qintara, Otavia, Dendy, Agus & Chandra

Penulis : Chandra & Dendy
Slider 6000566071756067099

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Follow by Email

ADS

Popular Posts

Random