Loading...

HARI PERTAMA PBAK: MABA DIKENALKAN SEPUTAR DUNIA KAMPUS



HARI PERTAMA PBAK:
MABA DIKENALKAN SEPUTAR DUNIA KAMPUS  


 


Ponorogo, Senin (28/08) pembukaan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) dilaksanakan di kampus II Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. PBAK yang dulunya dikenal dengan sebutan Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (OPAK) merupakan acara tahunan yang wajib diikuti oleh mahasiswa baru maupun lama yang belum mengikuti orientasi sebelumnya. Pada tahun ini PBAK diikuti oleh 2.233  peserta yang semuanya tergolong mahasiswa baru. Hal ini dijelaskan oleh Muhammad Munir selaku ketua panitia PBAK 2017.
Tepat pukul 05:30 WIB panitia mulai mengkondisikan peserta untuk berbaris sesuai dengan kelompoknya di lapangan. Setengah jam kemudian Senat Mahasiswa (SEMA) dan Dewan Mahasiswa (DEMA) mulai melakukan orasi. Saat orasi berlangsung masih banyak peserta yang baru datang. Peserta yang terlambat diberikan nasehat agar bisa lebih tertib dan disiplin lagi, serta diberi sanksi ringan seperti bernyanyi lagu kebangsaan. “Tadi saya telat, kemudian  disuruh baris dulu, lalu diberi nasihat dan disuruh nyanyi”. Tutur Naimah Mahasiswa Baru (Maba)  jurusan PAI,
Orasi disampaikan oleh Thoriq anggota DEMA kemudian dilanjutkan oleh ketua  SEMA Rohman Rifa’i dan diakhiri oleh ketua DEMA Muhammad Faisal Arifin. Inti dari orasi yang disampaikan oleh ketiganya  adalah peran mahasiswa dalam lingkungan kampus maupun sosial. Namun sebelum orasi berakhir, banyak peserta putri yang jatuh pingsan. Terhitung tiga dari sembilan peserta  yang sakit, jatuh pingsan. Hal tersebut membuat ketua DEMA langsung turun dari panggung panas dan diikuti oleh SEMA. “Belum apa-apa sudah banyak yang pingsan”, celetuk Faisal.
            Kebanyakan peserta yang sakit dikarenakan belum sempat sarapan, ”karena datang terlalu pagi dan nggak sempat sarapan kak”, ujar Nia salah satu MABA dari jurusan PAUD. Selain itu, beberapa peserta yang pingsan disebabkan oleh penyakit bawaan, seperti yang katakan Isna Faridatun dari jurusan IPS “Saya punya riwayat vertigo mbak”,  terangnya.
Pukul 06:50 WIB peserta dikomando untuk sarapan nasi pecel sebagai menu pada hari pertama. Setelah selesai, satu persatu kelompok didampingi oleh pendamping menuju ke arena pembukaan PBAK.
Acara pembukaan diawali dengan pembacaan ayat suci al-Qur’an dan dilanjutkan dengan sambutan disampaikan oleh Muhammad Munir selaku ketua panitia PBAK “saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan PBAK 2017 ini”, tuturnya.
Acara selanjutnya adalah sambutan oleh ketua DEMA dan rektor IAIN Ponorogo. Dalam sambutannya ketua DEMA menyampaikan tentang pancasila sebagai ideologi negara dan falsafah hidup bangsa yang harus di yakini dan diamalkan oleh mahasiswa. Dengan demikian, mahasiswa diharapkan bisa mengangkat harkat dan martabat bangsa.
Rektor IAIN Ponorogo, Siti Maryam Yusuf juga menegaskan perkataan DEMA mengenai pengamalan pancasila. “Jika ada penyiksaan fisik atau psikis dalam pelaksanaan PBAK, berarti panitia tidak mencerminkan nilai pancasila”, tegasnya. Ia juga menegaskan bahwa fungsi dari PBAK sendiri adalah untuk mendidik, membimbing, dan mengarahkan peserta untuk mengenali dan memahami sistem pendidikan di IAIN.
Setelah sambutan, Maryam memukul gong sebagai simbol pembukaan PBAK tepat pada pukul 09.07 WIB. Acara pembukaan selesai setelah pembacaan ikrar mahasiswa dan ditutup dengan doa oleh Abdul Mun’im, dosen fakultas syariah.
Setelah acara pembukaan selesai dilanjutkan dengan penyampaian materi-materi. Ada dua materi yang disampaikan setelah acara pembukaan, yaitu materi tentang penangkalan dan pencegahan radikalisme yang disampaikan oleh Polda Jatim dan materi tentang antropologi kampus oleh DEMA dan SEMA yang masing-masing mendapat jatah waktu 1,15 menit).
Sedangkan pengenalan program kampus meliputi visi misi IAIN Ponorogo, program akademik, program administrasi umum, dan program kemahasiswaan yang disampaikan oleh Siti Maryam Yusuf beserta jajarannya. Sedangkan pengenalan perpustakaan, laboratorium bahasa, dan laboratorium komputer disampaikan oleh Kardi selaku kepala unit bagian. Akhirnya Pada pukul 16.00 WIB rangkaian acara pembukaan PBAK ini selesai setelah berbagai materi tersebut tersampaikan.
Reporter: Alwi, Laila, Zia
Penulis: Zia
 
Slider 8584930812428670755

Post a Comment

emo-but-icon

Home item

Follow by Email

ADS

Popular Posts

Random