Iklan Layanan

Cuplikan

Hari Terakhir, PBAK 2022 Resmi Ditutup

(Foto: Linda)

lpmalmillah.com - Minggu (28/08/2022), sebanyak kurang lebih 2.600 mahasiswa baru Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo telah menyelesaikan acara Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) yang berlangsung selama empat hari mulai tanggal 25-28 Agustus 2022. PBAK 2022 secara resmi ditutup oleh Aksin, Wakil Rektor 3 IAIN Ponorogo, pada pukul 12.43 WIB.

Rangkaian penutupan PBAK dimulai dengan sambutan dari Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa Institut (DEMA-I), Aldila Mayang Putri Rahayu, yang memberikan ucapan selamat atas bergabungnya para mahasiswa baru ke dalam keluarga besar IAIN Ponorogo. Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan naskah Sumpah Mahasiswa oleh Wakil DEMA-I beserta Ketua PBAK dan diikuti oleh para mahasiswa baru. 

Setelah pembacaan Sumpah Mahasiswa, acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Wakil Rektor 3 IAIN Ponorogo. Dalam sambutannya, Aksin menyampaikan bahwa PBAK kali ini berjalan dengan sangat lancar. “PBAK kali ini berjalan sangat lancar, kita kasih nilai 9,99,” ungkapnya. 

Seusai sambutan, acara dilanjutkan dengan pemukulan gong sebagai tanda PBAK telah resmi ditutup oleh Aksin. Setelah penutupan, agenda dilanjutkan dengan penampilan tiga Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)/Unit Kegiatan Khusus (UKK) serta hiburan yang dibawakan oleh UKM Seiya.

Meskipun demikian, terdapat beberapa kendala yang terjadi sebelum penutupan, mulai dari kemoloran jadwal hingga perubahan jam penutupan. Menurut Farid selaku Wakil SC, jadwal penutupan PBAK mengalami sedikit perbedaan dengan rundown acara. “Untuk penutupan kalau sesuai rundown itu jam 11.30, tapi tadi molor,” ungkapnya. 

Kemoloran jadwal, menurut Farid, dikarenakan oleh adanya beberapa penampilan UKM/UKK yang melampaui durasi yang telah ditentukan panitia. “Molor soalnya dari ORMAWA tadi keluar batas durasinya. Ada yang melebihi, ada juga yang kurang, tapi mayoritas ya tetap melebihi durasi,” imbuhnya.

Tak hanya kemoloran, jadwal juga mengalami perubahan secara mendadak. Acara penutupan yang awalnya akan dilaksanakan di penghujung acara, akhirnya dipindahkan ke pertengahan acara. “Semalam kalau nggak salah itu ada komunikasi sama Pak Aksin soal penutupan, dan alhasil tadi pagi baru fix kalau penutupan jam 11.30, tapi tadi ya agak molor,” ungkap Farid. 

Selain itu, beberapa tamu undangan juga tidak dapat hadir dalam acara penutupan PBAK 2022 tersebut, salah satunya Rektor IAIN Ponorogo, Evi Muafiah. Berdasarkan penuturan Farid, hal tersebut dikarenakan kondisi kesehatannya yang kurang baik. “Katanya, beliau sedang sakit, soalnya habis pulang dari tanah suci,” ungkap mahasiswa Perbankan Syari’ah semester 7 itu.

Pelaksanaan hari terakhir PBAK ini meninggalkan kesan bagi para mahasiswa baru. Salah seorang mahasiswi baru dari jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidiyah (PGMI) merasa bahwa hari ini sangat asyik. “Asik, pengen mengulangi lagi buat PBAK yang hari ini,” ungkap Yusi Puspitasari saat diwawancarai setelah acara selesai.

Hal serupa pun dirasakan oleh Muhammad Faisal Hafifi yang juga merupakan mahasiswa baru dari jurusan PGMI. Menurutnya, hari ini adalah hari yang paling menyenangkan selama pelaksanaan PBAK 2022. “Hari ini paling menyenangkan di antara PBAK selama empat hari ini, karena pulangnya dipercepat, terus bisa menambah wawasan dan mengetahui tentang ORMAWA-ORMAWA yang ada di IAIN,” ujarnya.

Reporter: Linda, Siti, Lia, Cantrisah

Penulis: Linda


No comments

Komentar apapun, tanggung jawab pribadi masing-masing komentator, bukan tanggung jawab redaksi.

banner