Iklan Layanan

Cuplikan

Sasar Siswa SMA/Sederajat, IAIN Ponorogo Cup 2022 Resmi Dibuka

 


(Foto: Miftah)


lpmalmillah.com - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo telah menggelar acara pembukaan kegiatan IAIN Ponorogo Cup 2022 pada Senin (14/03/2022). Acara dimulai pukul 10.00 WIB dengan dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor III, Ketua Panitia, dan peserta lomba sekaligus masing-masing official-nya. Pembukaan ini juga disiarkan secara langsung melalui YouTube IAIN Ponorogo.

IAIN Po Cup sendiri merupakan sebuah ajang kompetisi yang diselenggarakan oleh IAIN Ponorogo dengan peserta siswa-siswi SMA/sederajat. Pada tahun ini, penyelenggaraan IAIN Po Cup perdana merupakan hasil kolaborasi tiga Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), yaitu UKM Unit Kegiatan Islam (UKI) Ulin Nuha, UKM Olahraga (OLGA), dan UKM Persatuan Seni Reyog Mahasiswa (PSRM) Watoe Dhakon.

Secara keseluruhan, terdapat tujuh cabang yang dilombakan; tiga cabang olahraga meliputi futsal, bola voli putra, dan putri serta empat cabang seni meliputi tari bujang ganong, tari jathil, hadrah Al-Banjari dan Musabaqah Syarhil Qur’an (MSQ). Rangkaian IAIN Po Cup akan dilaksanakan mulai tanggal 14 - 26 Maret 2022 di Graha Wathoe Dhakon untuk cabang seni serta GOR IAIN Ponorogo untuk cabang olahraga.

Acara tersebut dibuka langsung secara simbolis oleh Evi Muafi’ah, selaku Rektor IAIN Ponorogo. Dalam sambutannya, ia mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan pertama yang melibatkan siswa secara nasional setelah pandemi. “Ini pertama kalinya IAIN Ponorogo mengadakan acara pasca pandemi yang melibatkan siswa (secara) nasional,” ujarnya.

Penyelenggaraan IAIN Po Cup sendiri bertujuan untuk menjalin tali silaturahmi antara IAIN Ponorogo dengan lembaga SMA/sederajat se-Karesidenan Madiun dan sekitarnya sekaligus menyosialisasikan kampus. “Tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah pertama, untuk menjalin silaturrahim antara IAIN Ponorogo dengan lembaga-lembaga MA, SMK, SMA di karesidenan Madiun dan sekitarnya. Kedua, sebagai bentuk sosialisasi IAIN Ponorogo kepada lembaga-lembaga tersebut melalui kegiatan ini,” jelas Ahmad Zainal Abdi, selaku ketua panitia kegiatan.

Abdi juga menjelaskan bahwa terdapat total 1.288 peserta yang mengikuti perlombaan dengan dominasi pada cabang olahraga. Bahkan, beberapa peserta berasal dari luar karesidenan Madiun. “Hari ini kita lihat ada 1.288 peserta dengan 70% adalah peserta cabang olahraga. Jadi, dari sini kita dapat melihat bahwa minat dari olahraga sangatlah tinggi,” jelasnya.

Ahbib Ainur Rafiq, salah satu peserta dari cabang olahraga futsal, mengungkapkan tujuan mengikuti perlombaan tersebut. “Kita mengikuti perlombaan semacam ini karena ingin menunjukkan prestasi serta mengembangkan bakat dari para murid SMK PGRI 2 Ponorogo, khususnya di bidang olahraga,” katanya.

Terakhir, Abdi pun mengungkapkan harapan dengan diadakannya kegiatan ini. Ia berharap IAIN Po Cup mampu menjadi sarana untuk meningkatkan wawasan dan eksistensi IAIN Ponorogo sebagai lembaga perguruan tinggi di karesidenan Madiun. “Semoga kegiatan ini bisa semakin meningkatkan wawasan, dan eksistensi IAIN Ponorogo di karesidenan Madiun sebagai perguruan tinggi. Sehingga, masyarakat sekitar tidak terkendala untuk mendapatkan studi dengan biaya yang terjangkau,” harapnya.

 

Reporter: Miftah

No comments

Komentar apapun, tanggung jawab pribadi masing-masing komentator, bukan tanggung jawab redaksi.

banner