Iklan Layanan

Cuplikan

Hari Pertama Sidang Paripurna I Masa Kedua, AD-ART Jadi Bahasan Utama


(Foto: Fariq)
 

lpmalmillah.com - Senat Mahasiswa Institut (SEMA-I) melaksanakan Sidang Paripurna I Masa II di Gedung Indrakila. Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Institut,  SEMA dan DEMA Fakultas, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), serta Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Unit Kegiatan Khusus (UKK). Acara ini merupakan lanjutan dari Sidang Paripurna I Masa I yang dilaksanakan pada (01/07/2021) lalu.

Agenda Sidang Paripurna I Masa II dilaksanakan pada Selasa dan Rabu, 9-10 November 2021. Hari pertama pelaksanaan sidang dimulai dengan pembahasan mengenai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Republik Mahasiswa (AD dan ART RM) serta Garis Besar Haluan Organisasi (GBHO) sesuai dengan penuturan Ramadhan Nur Mutaqiin selaku Ketua SEMA-I. “Pembahasan hari pertama seharusnya membahas Anggaran Dasar (AD) dan (Anggaran Rumah Tangga Republik Mahasiswa) ART RM dan juga ada Garis Besar Haluan Organisasi (GBHO),” tuturnya.

Namun, Ramadhan menjelaskan bahwa pembukaan acara sempat mengalami keterlambatan sehingga ada pembahasan yang belum tersampaikan. “Cuma hari ini kan memang tadi acaranya itu molor dari pembukaan, terus siangnya Pak Abdi juga menginginkan waktu untuk menyampaikan beberapa hal seperti yg disampaikan tadi. Jadi, alhasil pada hari ini baru kita selesaikan AD dan ART RM untuk pembahasannya,” terang Ramadhan. 

Meskipun demikian, dalam rangka menindaklanjuti pembahasan yang belum terselesaikan, Ramadhan mengatakan akan dilanjutkan di hari kedua. “Nah untuk hari kedua nanti (akan dibahas) yang tadi belum (terbahas), termasuk GBHO dan juga PO (Peraturan Organisasi, red.). Di dalam PO kan ada banyak; ada strategi open recruitment, ada pembekuan terkait ORMAWA, terus PPTA juga nanti itu juga ada di Pengaturan Organisasi,” ungkap Ramadhan.

Pelaksanaan Sidang Paripurna I Masa II ini mendapatkan tanggapan dari peserta sidang. Aldila Mayang, perwakilan DEMA Fakultas Syari’ah, menyampaikan bahwa acara tersebut sudah baik dan berjalan sesuai yang seharusnya. “Baik dan berjalan sesuai dengan yang seharusnya jadi pembahasan tentang AD/ART ini sudah mencakup apa yang kita butuhkan. Jadi, terkait anggaran dasar itu ada, terus ART dari SEMA, DEMA, UKM, UKK dan seterusnya untuk periode kedepannya dan ada perubahan. Alhamdulilah, Pak Abdi juga datang dan menyampaikan bahwasanya ada tawaran opsi terkait periodesasi dari jabatan ORMAWA,” Kata Aldila.

Dengan dilaksanakannya Sidang Paripurna I Masa II ini, Ramadhan berharap ORMAWA kedepannya itu bisa lebih sesuai dengan produk-produk hukum yang dibuat dan disepakati bersama. “Ya harapannya itu setelah diadakan Sidang Paripurna I Masa II ini, teman-teman ORMAWA kedepannya itu bisa lebih sinkronlah dengan produk-produk hukum yang sudah kita buat dan kita sepakati bersama,” tutur Ramadhan. 

Lebih lanjut, ia juga berharap terkait permasalahan PPTA agar kedepannya mahasiswa ORMAWA memakai dan menaati peraturan yang nanti disepakati bersama dalam pemahasan PPTA. “Harapannya juga karena ada selama ini permasalahannya itu di PPTA, maka hari ini kita juga akan membahas itu. Maka kedepannya kami harapkan itu mahasiswa ormawa juga memakai dan menaati peraturan yang sudah kita sepakati bersama seperti itu,” harap Ketua SEMA-I tersebut. 

Reporter: Fariq, Amel


No comments

Komentar apapun, tanggung jawab pribadi masing-masing komentator, bukan tanggung jawab redaksi.

banner