Iklan Layanan

Cuplikan

Pengenalan UKM-UKK Lewat Expo Pesona Watoe Dhakon

  lpmalmillah.com - Selasa (14/09/2021), Dewan Eksekutif Mahasiswa Institut (DEMA-I) didukung oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Unit Kegiatan Khusus (UKK) menggelar Expo UKM-UKK. Selain UKM dan UKK, terdapat pula partisipasi beberapa Organisasi Daerah (ORDA) mahasiswa. Kegiatan yang bertempat di Graha Watoe Dhakon ini merupakan serangkaian acara dari “Pesona Watoe Dhakon” yang berlangsung pada 13-16 September 2021. 

Acara dimulai pukul 10.30 WIB dengan pengenalan 10 UKM-UKK serta 10 ORDA. “UKM-UKK yang ikut berpartisipasi dari MAPALA, LPM aL-Millah, Pramuka, Seni Bela Diri, PMR, KOPMA, SEIYA, Olahraga, Reog, dan UKI Ulin Nuha. Sedangkan dari ORDA sendiri terdiri dari Ampera Palembang, Sapu Lidi Lampung, IKAPMJ Jambi, Forsmawi Ngawi, PMP Pacitan, Malboro Bojonegoro, IMAMA Magetan, IMAGIS Gresik, IMAGIRI Wonogiri, dan Mahasiswa Timur,” jelas Anthoni Saputro selaku Ketua Panitia.

Selain itu, tiap-tiap UKM-UKK juga diberikan kesempatan untuk menampilkan pentas seni. Pentas seni ini diawali dari UKM PSRM, LPM aL-Millah, UKK KOPMA, UKK Pramuka, UKM MAPALA, UKK KSR, UKM Olahraga, dan ditutup oleh UKM Bela Diri.

Riyan Gunawan selaku Wakil Ketua DEMA-I menuturkan bahwa tujuan diadakannya acara ini adalah untuk menghilangkan kesenjangan sinergitas antar ORMAWA. "Misi yang kita bawa adalah bagaimana (lahir) sinergitas di antara ORMAWA. Jadi, antara DEMA dengan UKM-UKK itu tidak ada kesenjangan," ungkap Riyan.

Pelaksaan acara ini disambut dengan baik oleh mahasiswa. Asmita Farah Wahida, mahasiswa baru jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) merasa antusias datang menyaksikan acara ini untuk lebih mengenal UKM-UKK di kampus. “Datang ke sini ya niat saya sendiri meskipun datangnya bersama teman teman. Tujuan saya agar menambah wawasan dan lebih mengenal apa itu UKM-UKK," jelasnya.

Selain mahasiswa, tanggapan positif juga muncul dari UKM-UKK, salah satunya UKK Pramuka. Evi mengungkapkan bahwa ia merasa senang bisa memperkenalkan UKK Pramuka pada mahasiswa baru dan UKM lainnya. "Alhamdulillah, senang bisa memperkenalkan UKK Pramuka kita pada maba dan UKM lainnya," tutur salah satu anggota UKK Pramuka tersebut.

Dengan dilaksanakan acara expo ini, Riyan berharap kegiatan UKM-UKK bisa lebih banyak diketahui. "Harapannya teman-teman UKM-UKK bisa menerima manfaatnya, yaitu kegiatan-kegiatan UKM-UKK bisa tereksplor sehingga pamor atau eksistensi dari UKM-UKK itu semakin terlihat," harap Riyan.

Sementara itu, Evi berharap acara semacam ini bisa berlanjut di tahun-tahun mendatang. "Harapannya semoga acara Pesona Watoe Dhakon ini bisa berjalan berkelanjutan sampai tahun-tahun berikutnya agar UKM-UKK kita bisa dikenali oleh maba lebih banyak lagi," ujar Evi. 

Reporter: Azizah, Amel


No comments

Komentar apapun, tanggung jawab pribadi masing-masing komentator, bukan tanggung jawab redaksi.