Iklan Layanan

Cuplikan

Penyematan Jas Almamater dan Pemotongan Tumpeng, PBAK 2021 Resmi Ditutup

(Penyematan jas almamater kepada mahasiswa baru)
(Foto: Atania)

  lpmalmillah.com - Minggu (15/08/2021), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo mengadakan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) pada hari ketiga sekaligus menjadi hari terakhir serangkaian acara PBAK. Acara dilaksanakan di fakultas mulai pukul 07.00-10.00 WIB, sedangkan di institut dilaksanakan mulai 11.00-16.45 WIB menggunakan live Youtube, Instagram, dan Zoom. Acara PBAK 2021 ditutup dengan penyematan jas almamater serta pemotongan tumpeng.

Dalam pelaksanaannya, ada beberapa fakultas yang mengalami kemoloran saat transisi dari fakultas ke institut. Abdillah Mu’izz selaku Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa Institut (DEMA-I) mengatakan memberikan waktu transisi 30 menit. “Kita kasih waktu 30 menit untuk menyelesaikan acara. Tapi ada saja yang telat dari waktu yang sudah ditentukan. Waktunya dari jam 10.00-10.30,” jelasnya.

Rangkaian acara di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK) selesai pada pukul 10.00 WIB. Berbeda dengan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) yang selesai pada pukul 10.45 WIB, mengalami keterlambatan transisi 15 menit dari waktu yang sudah ditentukan. Hal tersebut juga dialami oleh Fakultas Syariah (FASYA) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) yang juga mengalami keterlambatan transisi dikarenakan adanya kendala teknis Zoom dan YouTube. 

Selanjutnya, acara PBAK dilaksanakan di institut pada pukul 11.00 WIB. Acara dimulai dengan perkenalan Senat Mahasiswa Institut (SEMA-I), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dan DEMA-I. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan hiburan dan upacara penutupan. Upacara penutupan dimulai pada pukul 15.00 WIB. 

Sambutan pertama penutupan PBAK 2021 disampaikan oleh Ketua Panitia, Ahmad Zainal Abdi. Abdi mengatakan harapannya terhadap mahasiswa. “Semoga harapan dengan PBAK yang telah terlaksana ini nanti harapan masyarakat terhadap mahasiswa agar menjadi Agent Social, agent of change, agent of control. Semuanya bisa terwujud ke arah yang positif,” harapnya.

Selanjutnya, sambutan kedua disampaikan oleh Mu’izz. Ia mengatakan bahwa mahasiswa baru harus terus berjuang untuk pengabdian masyarakat. “Perjuangan maba tidaklah berhenti disini, namun terus berjuang dalam penumbuhan dan peningkatan sebagai pengabdian di masyarakat,” ungkapnya.

Mu’izz juga menambahkan untuk mengembangkan keahlian sesuai passion dengan ikut bergaung ke dalam organisasi-organisasi yang ada di kampus. “Dengan itu, kembangkan keahlian kamu sesuai passion dan kemampuan kalian dengan masuk ke dalam UKM, UKK, dan organisasi yang ada di kampus,” tambahnya.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan penyampaian pesan dan kesan oleh Mahasura Muda yang diwakili oleh Gilang Hardiansyah Priamono dari jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI). “PBAK ini mengenalkan jati diri kita sebagai mahasiswa. Meskipun pandemi, kita harus menjadi inisiator kebaikan dan melakukan transformasi menjadi lebih baik ke depannya,” ungkap Gilang.

Terakhir, Evi Muafiah selaku Rektor IAIN Ponorogo resmi menutup kegiatan PBAK 2021. “Selamat datang mahasiswa baru tahun IAIN Ponorogo angkatan 2021 dan marilah kita akhiri (PBAK 2021) dengan bacaan hamdallah,” ucap Evi menutup acara PBAK.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan penyematan jas almamater pada perwakilan Mahasura Muda oleh Rektor, Wakil Rektor III, Wakil Dekan III FATIK, Kepala Satuan Pengawasan Internal serta dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng. Pemotongan tumpeng pertama dilakukan oleh Rektor ke ketua SEMA. Pemotongan tumpeng yang kedua dari Wakil Dekan III ke Ketua DEMA. Lalu, pemotongan tumpeng terakhir dari Kepala Satuan Pengawasan Internal ke Wakil Ketua DEMA. Prosesi pemotongan tumpeng ini menjadi penanda berakhirnya rangkaian acara PBAK 2021.


Reporter: Den, Ubd, Atan, Al, Aldi, Alfi, Mia, Say

Penulis: Denies, Atania


No comments

Komentar apapun, tanggung jawab pribadi masing-masing komentator, bukan tanggung jawab redaksi.