Loading...

SEMA-I Gelar Sidang Paripurna II dan Sosialisasi Kongres III

Pimpinan Sidang

Lpmalmillah.com- Sidang Paripurna II Institut RM IAIN Ponorogo telah diselenggarakan oleh Senat Mahasiswa Institut IAIN Ponorogo pada hari Rabu (19/06/19) di Graha Watoe Dakon IAIN Ponorogo. Agenda ini diiukuti beberapa peserta dari delegasi (Organisasi Mahasiswa Intra Kampus) baik  dari anggota UKM, HMJ, DEMA F, SEMA F, hingga SEMA I dan DEMA I.
 Acara dibuka oleh pimpinan sidang, yakni ketua Senat Mahasiswa IAIN Ponorogo, Slamet Budi Mulyo dan Andri Agus sebagai seketaris sidang. Sidang Paripurna dibuka sekitar pukul 16:00 WIB. Slamet membaca AD/ART, Undang-Undang RM IAIN Ponorogo tentang Pemilwa. Sedangkan untuk Tata Tertib Sidang Paripurna II dibaca sendiri oleh peserta. Kemudian GBHO, UU Pemilwa, Anggaran Dasar, dan Anggaran Rumah Tangga RM IAIN Ponorogo ditetapkan.
Sidang Paripurna II ini diikuti kurang lebih 70 peserta sidang. Sidang dilanjutkan dengan penyampaian laporan pertanggungjawaban dari Dewan Eksekutif Mahasiswa IAIN Ponorogo selama satu tahun masa baktinya. Adhi Handika Restu Damara selaku ketua DEMA I menerangkan, jumlah program kerja yang terlaksana delapan. Sedangkan yang tidak terlaksana berjumlah tiga program kerja diantaranya ialah Sekolah Framing Media, Aksi Damai terkait jual beli jabatan dan seminar kekerasan dalam pacaran.
SEMA I sempat memberikan skorsing sidang 2x10 menit untuk istirahat dan sholat maghrib. Namun, sempat molor selama kurang lebih 30 menit dikarenakan peserta belum kembali ke Graha. Kemudian Sema I membuka skorsing sidang sekitar pukul 19:00 namun sidang kembali diskor 2x10 menit dikarenakan peserta sidang belum memenuhi quorum yang sesuai dengan tata tertib sidang.
Dengan kurang dari 20 peserta, Laporan Pertanggungjawaban DEMA I dilanjutkan dengan tanya jawab peserta sidang. Salah satu peserta sidang, Ibnu Nuryansyah, Ketua HMJ Manajemen Pendidikan Islam bertanya. ”Dengan paparan Misi DEMA Institut, apakah sudah tercapai Misi itu ?”ujarnya.
Kemudian Adhi Handika mengatakan, masih ada misi yang belum tercapai. Salah satunya, menciptakan nalar kritis mahasiswa transformatif. Menurutnya, masih banyak mahasiswa yang monoton sehingga kehilangan nalar kritisnya, hal tersebut dikembalikan ke mahasiwanya sendiri. “Masih ada misi yang belum tercapai yaitu menciptakan nalar kritis mahasiswa”, ujarnya.
Setelah selesai Laporan Pertanggungjawaban DEMA Institut RM IAIN Ponorogo, Slamet Budi Mulyo, menutup sidang. Setelah ketok palu penutupan kemudian ia melanjutkan agenda yang terakhir yaitu Sosialisasi Kongres.
Suasana Sidang sore hari
Slamet Budi Mulyo menerangkan bahwa Kongres akan dilaksanakan sesuai rundown acara. Kongres akan dibuka pada hari Jum’at 21 Juni 2019. Pendaftaran calon peserta pemilwa dibatasi tanggal 21-24 Juni 2019. Kemudian pada hari Senin 24 Juni 2019 pendaftaran calon peserta Pemilwa hingga pukul 17:00 WIB, dilanjutkan Verifikasi berkas dan penetapan calon peserta Pemilwa pada pukul 19:00 WIB. Kampanye dan debat kandidat dilaksanakan pada hari Selasa hingga Rabu pada tanggal 25-26 Juni 2019. Kemudian pada hari Kamis 27 Juni 2019 akan siselenggarakan pemungutan suara, rekapitulasi hasil Pemilwa, penetapan hasil Pemilwa hingga Penutupan Kongres.“Memang Sema menyiapkan rundown, akan tetapi nanti akan dibreakdown oleh BPK (Badan Penyelenggara Kongres),” ujar Budi.
Reporter: Syamsulhadi


Slider 3358044506193621755

Post a Comment

emo-but-icon

Home item

Follow by Email

ADS

Popular Posts

Random