Loading...

PERDANA: HMJ PIAUD Gelar Lomba Mewarnai Se-Eks Karesidenan Madiun



Reporter: Alwy & Dinda

 
lpmalmillah.com, Ponorogo - Demi terselenggaranya program kerja tahunan, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) menyelenggarakan Lomba Mewarnai Gambar PAUD IAIN Ponorogo yang diikuti oleh siswa-siswi TK/sederajat se-eks karesidenan Madiun. Acara ini dilaksanakan pada minggu (17/12/17) yang berlokasi di Graha Watoe Dhakon IAIN Ponorogo. Antusias peserta terlihat dari jumlah peserta yang mengikuti acara ini berkisar 200 siswa-siswi TK/sederajat se-eks karesidenan Madiun.

Acara yang dimulai pada pukul 08.30 WIB ini dibuka oleh ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa Institut (DEMA I), Faisal  Arifin, sekaligus menyampaikan sambutannya di depan hadirin. Setelah acara pembukaan selesai, para peserta langsung menyiapkan peralatan masing-masing dan mulai mewarnai. Disela-sela mewarnai panitia sering mengingatkan kepada para pendamping dikarenakan banyak di antara mereka yang membantu peserta dalam melakukan tugasnya.

Panitia memberikan batas waktu perlombaan mewarnai sampai dengan pukul 10.00 WIB. Akan tetapi masih banyak peserta yang urung mengumpulkan hasil karyanya kepada panitia dikarenakan belum rampung. Panitia berulang kali mengingatkan sehingga pada akhirnya para peserta yang notabene TK ini mau mengumpulkan hasil karyanya kepada panitia.

Sambil menunggu dewan juri menentukan pemenang, peserta dihibur oleh panitia. Shidiq, salah satu ice breaker acara, dengan tampilan dongengnya yang unik, membuat anak-anak tertawa gembira. Sehingga para peserta pun lupa akan kelelahannya akibat perlombaan mewarnai yang telah mereka lalui. Shidiq mengakhiri ice breaking-nya pada pukul 11.17 WIB.

Menurut pengakuan ketua HMJ PIAUD, Siti Alfiyah, mengatakan bahwa acara ini digelar dengan tujuan agar mahasiswa jurusan PIAUD bisa mengerti dan mengenal dunia pendidikan anak usia dini sebagai bekal profesi yang nanti akan digeluti. Walaupun acara perdana bagi HMJ PIAUD, namun bisa dikatakan pelaksanaan acara ini sukses karena jumlah peserta yang begitu banyak. Kepuasan dari para siswa dan wali murid pun diungkapkan oleh Fitri, salah satu wali murid, mengatakan bahwa acara yang diselenggarakan ini bagus dan sesuai sehingga bisa meningkatkan semangat anak untuk terus berkarya di usia dini. Fitri berkata, “Acaranya bagus, mas, tempatnya luas dan nyaman,” singkatnya.

 Begitu pula dengan Dian, salah satu peserta lomba mewarnai mengatakan bahwa acaranya sangat seru dan ia menyukai perlombaan seperti ini. Dengan suara kecilnya ia berkata, “Acaranya sangat seru, aku sering mengikuti lomba seperti ini dan menang,” celotehnya. Bahkan salah satu guru pendamping peserta pun mengatakan bahwa biaya yang dibayarkan sangat murah yaitu 15 ribu rupiah dengan fasilitas yang lumayan memadai.

Pengumuman kejuaraan akhirnya diumumkan pada pukul 11.45 WIB. Akan tetapi ditengah-tengah acara ada kesalahan teknis. Nama pemenang dengan anak yang naik di atas panggung tidaklah sesuai. Sehingga ada sedikit kegaduhan dengan dibuktikannya seorang wali murid maju ke atas panggung untuk minta penjelasan. Pihak panitia pun melakukan klarifikasi dan memperbaiki kesalahan tersebut. Akhirnya situasi mampu dikendalikan oleh panitia.

Pemenang juara I diraih oleh M. Ayesa Legataro Negratata dari TK Abbas Ponorogo. Pemenang berhak membawa pulang piagam penghargaan, trophy, dan uang pembinaan senilai Rp. 500.000,- Selain itu ada beberapa juara dengan kategori sepuluh terbaik yang berhak mendapatkan piagam penghargaan dan trophy. Serta hadiah hiburan lain yang diberikan kepada 25 peserta terbaik. Setelah pengumuman kejuaraan dan pembagian hadiah selesai dilakukan, acara penutupan digelar sebagai penanda bahwa acara Lomba Mewarnai Gambar PIAUD IAIN Ponorogo telah usai dilaksanakan.


Slider 414673690374414254

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Follow by Email

ADS

Popular Posts

Random