Iklan Layanan

Cuplikan

Hari Terakhir PBAK Fakultas, Panitia Adakan Orasi

(Foto: Kru)

lpmalmillah.com - Kamis (11/08/2023), Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) memasuki hari ketiga. Masih sama seperti sebelumnya, PBAK kali ini sepenuhnya diserahkan kepada masing-masing fakultas di tempat yang terpisah. Agenda PBAK fakultas hari ini diisi dengan pemaparan materi yang kemudian dilanjutkan dengan orasi dan inagurasi.  

Orasi dari setiap fakultas diadakan di tempat yang berbeda-beda. Untuk FUAD, orasi dilakukan di depan Gedung Rektorat. Kemudian, FASYA di lapangan Ma’had Al Jami’ah IAIN Ponorogo, dan FTIK dilaksanakan di halaman depan Graha Watoe Dhakon. 

Orasi yang dilakukan bukanlah tanpa sebab. Terdapat tujuan dalam pelaksanaannya. “Tujuan diadakannya orasi yang pertama adalah membakar semangat mahasiswa. Fokusnya adalah dalam hubungan bermasyarakat harus dibawa dengan harmonis. Kita semua sama,” ujar Ketua Steering Committee (SC) FASYA, Ahmad Dayendra.

Adanya orasi ini juga bertujuan untuk membentuk mahasiswa. “Tujuan [orasi] untuk membentuk mahasiswa aktivis. Mahasiswa tersebut capaian jangka pendeknya tidak apatis dalam organisasi. Jadi, mereka bisa berproses di organisasi, bisa mengembangkan skill-nya lewat organisasi agar tidak menjadi mahasiswa kupu-kupu,” ungkap Faris Hamdani, Ketua SC FUAD. 

Sama halnya dengan FASYA, FUAD juga mengadakan kegiatan orasi yang sudah dipersiapkan sejak dua bulan lalu. “Persiapannya sudah dilakukan dari panitia, dua bulan sebelum hari-h. Mungkin persiapannya mengenai konsep pembahasan dialektika-dialektika yang mana bisa terwujudnya lahirnya sebuah tema,” ujar Faris Hamdani.

Sama halnya dengan FASYA dan FUAD, FTIK juga mengadakan kegiatan orasi yang berlokasi di depan Graha Watoe Dhakon. Namun, pelaksanaannya tanpa ada peralatan-peralatan tertentu (banner, pilox, dan barang lainnya) seperti dua fakultas sebelumnya.  

Berbeda dengan ketiga fakultas sebelumnya, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) mengadakan inagurasi. Kegiatan tersebut dilakukan di lapangan belakang gedung FEBI. Inagurasi yang dilakukan juga diiringi dengan orasi. Inagurasi tersebut diakhiri dengan sumpah mahasiswa serta berkumpul melingkar mengelilingi lapangan.

Rangkaian kegiatan yang telah dilakukan pada PBAK fakultas ini mendapat berbagai tanggapan dari mahasiswa baru. Tanggapan muncul dari Faismahani, mahasiswa baru jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI). Menurutnya PBAK hari ketiga ini memiliki banyak manfaat. “Tanggapan saya seru. [Kegiatannya] menambah pikiran kita menjadi kritis, nambah pengalaman, nambah semangat, nambah wawasan pikiran menjadi terbuka. Kitapun sebagai mahasiswa merasa tidak terbebani karena ini melatih mental kita. Menurut saya sangat bermanfaat karena menumbuhkan rasa persatuan terhadap mahasiswa,” ujarnya. 

Begitu pula dengan David Dhanendra, mahasiswa baru jurusan Hukum Tata Negara (HTN). Ia mengatakan harapannya dengan diadakannya PBAK Fakultas ini bisa menjadi pendidikan karakter bagi mahasiswa baru. “Meskipun acaranya kurang terstruktur menurut saya, tapi kita dilatih untuk punya mental yang berani dan bisa mengkoordinir satu sama lain. Harapan saya dengan adanya PBAK Fakultas ini bisa menjadi pendidikan karakter bagi mahasiswa baru,” jelasnya.


Reporter: Alifah, Rena, Retno, Septi, Robiah, Erick, dan Rokhim

Penulis: Alifah

No comments

Komentar apapun, tanggung jawab pribadi masing-masing komentator, bukan tanggung jawab redaksi.