Iklan Layanan

Cuplikan

Asah Kecakapan, HMJ KPI Gelar Seminar Broadcasting

 

Foto: Nana

     lpmalmillah.com – Sabtu (31/01/2021), Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), Komunikasi dan Penyiaran Islam, mengelar Seminar Broadcasting yang dilaksanakan di Aula Fakultas Usuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Ponorogo. Tema yang diambil dalam kegiatan ini adalah AKSARA (Aksara Baksya Gurita Biwara) yang diagkat dari Bahasa Sanskerta yang berarti wujud kreatif budaya komunikasi. Seminar ini merupakan salah satu dari serangkaian acara yang diselengarakan oleh HMJ KPI, yaitu FEBKOM 3 (Festival Budaya Komunikasi 3) yang merupakan salah satu program kerja dari HMJ KPI.

    Acara tersebut dimulai pukul 08.52 WIB. Meskipun timing-nya sedikit molor dari jadwal, yaitu pukul 07.00 WIB, namun acara tersebut berjalan dengan lancar. Acara tersebut dibuka sekitar pukul 09.25 WIB dengan memukul gong sebanyak tiga kali oleh Ramadhan, selaku ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa  (DEMA) FUAD.

    Acara ini menghadirkan dua pemateri, yaitu Zaimatul Millah, Erna Kurniawatu, yang mana kedua pemateri tersebut merupakan Alumni KPI IAIN Ponorogo. Zaimatul Millah, selaku pemateri pertama, menyampaikan bahwasanya penyiar itu bukan bakat, tapi minat. “Nyawa dari radio adalah pendengar, dan  penyiar radio itu bukan  bakat, tapi minat,” jelasnya.
 
    Sekitar pukul 13.00 WIB, Erna Kurniawati menyampaikan materi kedua. Menurutnya, seorang broadcaster harus memiliki kecakapan. “Ada beberapa kecakapan yang harus dimiliki seorang broadcaster yakni, komunikasi gagasan, proyeksi kepibadian, pengucapan, dan juga voice control. ketika dalam broadcast harus memiliki, skill, credibilitas, pengetahuan, knowlagde, intregritas, passion, dan juga personality,” ujarnya.

    Erna menambahkan bahwa seorang broadcaster harus memiliki skill dasar. “Seorang broadcaster harus punya skill dasar, Bisa bicara, Bisa nulis, Bisa baca, Dan harus bisa improvisasi,” tambahnya.

    Acara tersebut mendapatkan apresiasi dari Rian Gunawan, Ketua DEMA FUAD. Ia mengapresiasi atas pengangkatan temanya. “Sebelumnya, saya mengapresiasi HMJ KPI, dimana mereka mengambil gradisen dari sebuah masalah, atau dengan problematika yang saat ini sudah terjadi atupun sedang terjadi, ditarik menghasilkan sebuah tema yaitu aksara baksya gurita biwara dari situ,” tuturya.

    Selain itu, salah satu peserta seminar memberikan tanggapan. Menurutnya, pesertanya kurang interaktif. “Keren, mulai tema yang diangkat sangat bagus dan disajikan dengan epic, dapet totebag juga walaupun audience merasa bored, karena kurangnya interaksi dan mungkin sedikit ngantuk juga. Sebuah kebanggaan bisa megikuti seminar broadcasting yang menghadirkan broadcaster hebat alumni KPI,” jelas Ali Makhrus.

    Dengan terselenggaranya kegiatan seminar ini, Bilad Arkan Madani selaku Ketua HMJ KPI berharap agar mahasiswa KPI bisa berkomunikasi dengan lancar. “Dengan harapan agar dari teman-teman yang notabenenya mayoritas dari mahasiswa KPI maupun eksternal KPI mampu berkomunikasi, mampu bercakap cakap, entah itu dengan orang lain, ataupun terjun kemasyarakat itu sudah mampu berkomunikasi secara lancar,” harapnya.

Reporter: Nana, Dewi



No comments

Komentar apapun, tanggung jawab pribadi masing-masing komentator, bukan tanggung jawab redaksi.

banner