Loading...

Nobar GIE, Dhika: Pribadi Soe Hok Gie Perlu Diteladani


Selasa malam (11/9/18), Dewan Eksekutif Mahasiswa-Institut mengadakan nonton bersama (Nobar) film Gie yang digelar di halaman depan Graha Watoe Dhako IAIN Ponorogo. Film berdurasi dua jam tersebut mengisahkan perjalanan Soe Hok Gie dalam memperjuangkan idealisme mahasiswa. DEMA-I mengajak seluruh ormawa intra dan mahasiswa untuk mendiskusikan film tersebut setelah nobar usai.
Soe Hok Gie merupakan aktivis mahasiswa dan penulis tahun 60' an. Adi Handhika selaku Presiden Mahasiswa (presma) mennyampaikan, Dema-I menginginkan agar mahasiswa mengenal sosok Soe Hok Gie. "Kita ingin agar mahasiswa ingat kembali perannya di masyarakat,” terangnya. Pribadi Soe Hok Gie memang layak diteladani. Ia berani mengkritik pemerintah dan mengambil benang merah dari permasalahan yang ada.
Usai pemutaran film, wakil presma, Adi Ari Hamzah memantik audiens untuk mendiskusikan esensi yang terdapat dalam setiap alur film tersebut. Fuad, salah satu mahasiswa yang hadir melontarkan pertanyaan kepada pemantik, "Kita kan hidup di masa yang jauh dari Soe Hok Gie. Lalu bagaimana kita membentuk Soe Hok Gie yang baru saat ini?”
Pertanyaan tersebut mendapat tanggapan dari audiens yang lain, Wildan Fahrudin, salah satu mahasiswa Ilmu Alquran dan Tafsir, "Setiap orang punya kecondongan. Tapi kita juga perlu jarak agar dapat memahami kanan dan kiri.” 
Mahasiswa yang hadir sepakat bahwa Soe Hok Gie memiliki idealisme yang ia junjung tinggi di masa hidupnya. Gie berupaya menjaga keseimbangan diri dari golongan kanan dan kiri. Keahlian menulis narasi maupun sastra yang digunakan Gie dalam mengungkapkan kritik perlu dijadikan acuan dan jejak yang pantas diterapkan.
Apresiasi mahasiswa salah satunya diungkapkan oleh ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan PIAUD, Mastna Nezha mengapresiasi nobar ini. Ia mengatakan, ",,,,menambah wawasan sekali. Jadi tahu bagaimana seorang mahasiswa harus bersikap dan bagaimana mahasiswa yang ideal.” (Adzka.crew)

Gambar: (Kada) Sahibar Corat-Coret - WordPress.com
Slider 8590827089273050002

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Follow by Email

ADS

Popular Posts

Random