Loading...

Debat Kandidat FUAD, Agus: Sukseskan Acara Kongres II


            www.lpmalmillah.com- Senin, (23/07/18) KPUM (Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah mengadakan Debat Kandidat sebagai rentetan dari Kongres II. Debat dilaksanakan di gedung Indrakila Ruang B1. Debat kandidat dilakukan oleh ORMAWA (Organisasi Mahasiswa) FUAD yang terdiri dari kandidat HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan, SEMA F (Senat Mahasiswa Fakultas) dan DEMA F (Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas).
            Perpindahan lokasi debat yang rencananya bertempat di Aula Indrakila lantai 3 dialihkan di ruang B1 ini menyebabkan terjadinya kemoloran waktu 2 jam lamanya. Yang mana gedung indrakila telah digunakan oleh UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Pramuka. Acara debat dimulai pukul 15.00 WIB yang seharusnya diadakan pukul 13.00 WIB.
            Hal ini menandakan minimnya persiapan yang dilakukan oleh KPUM F, Seperti yang diungkapkan oleh Tri Puspitasari kandidat SEMA FUAD “Saya rasa debatnya tadi kurang persiapan dari segalanya, dari kandidat dan panitianya. Ini terkesan ndadak, idealnya nggak begini, akan tetapi ini tidak menjadikan alasan, ujarnya.
            Acara tersebut dihadiri oleh masing-masing paslon FUAD, WADEK (Wakil Dekan) III Agus Romdon, SEMA dan DEMA FUAD. Sedangkan dari tim panelis ada Ibnu Muklis yang merupakan dosen tetap INSURI (Institut Sunan Giri). Peserta tercatat pada daftar hadir hanya ada 26 mahasiswa. Dengan kehadiran sejumlah mahasiswa tersebut pihak KPUM menganggap sudah mampu mewakili seluruh mahasiswa FUAD, “Ya dikatakan kalau mewakili, sudah,” ujar Masngudi  ketua KPUM F.
            Setelah acara dibuka oleh ketua KPUM FUAD, selanjutnya acara diambil alih oleh moderator Estri Tirta yang membacakan runtutan teknis kegiatan. Untuk kandidat tunggal terdapat tiga sesi, yaitu pemaparan visi misi dan program kerja, pertanyaan dari panelis, dan terakhir closing statement. Sedangkan untuk kandidat rival teknisnya sama, yang membedakan terletak pada pengambilan tema pertanyaan yang telah disediakan oleh KPUM F dari masing-masing kandidat.
            Pembacaan visi misi dimulai dari kandidat HMJ KPI kemudian dilanjutkan debat antar kandidat BPI maupun IAT lalu diteruskan oleh kandidat SEMA F dan Paslon DEMA F. Dalam sesi debat, para kandidat melontarkan pertanyaan sesuai dengan tema pertanyaan yang sudah diambil kemudian ditanggapi oleh pasangan lawan. Kemudian panelis memberikan dua pertanyaan dari masing-masing kandidat. Terakhir, masing-masing kandidat mengutarakan closing statementnya.
            Debat kandidat ini merupakan salah satu sarana mensosialisasikan visi misi program kerja dari pasangan dema FUAD yakni Aruny Hayya dan Masruroh serta pasangan Wildan Fahrudin dan Al-Farizi. Serta memudahkan bagi para pemilih untuk menentukan pilihannya. Seperti yang di ungkapkan oleh Pita Ria salah satu mahasiswa IAT, “Debat tadi sangat bermanfaat buat calon pemilih juga para pemimpin untuk bersosialisasi, serta mempermudahkan kita untuk menilai dari berbagai sudut pandang tentang calon pemimpin,” ungkapnya.
            Acara ini diakhiri dengan sambutan Agus Romdhon selaku WADEK III, ia mengungkapan rasa syukur dan kebanggaan atas terselenggaranya debat kandidat FUAD. Dalam sambutan tersebut ia juga mengutarakan pesan kepada kandidat agar tidak pesimis serta menyuntikkan semangat bagi seluruh mahasiswa FUAD, “Semangat berkarya dan sukseskan acara kongres ini yang nantinya akan mengorbitkan kader-kader dari IAIN,”  pesannya.
Reporter : Ahmanda, Azizah, Zona, Umi, Ula, Chandra
Penulis : Ahmanda, Azizah, Zona.
Foto : Ahmanda
           
           
    

Slider 944464141249979636

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Follow by Email

ADS

Popular Posts

Random