Iklan Layanan

Cuplikan

Ruwat Independensi dalam Agenda MUKERNAS PPMI XII


 
Peserta MUKERNAS PPMI XII 2018
Oleh Redaksi

Ponorogo-- Musyawarah Kerja Nasional (MUKERNAS) Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI XII yang diselenggarakan pada jumat (23/11/2018) malam hingga senin (26/11/2018) mendatang diikuti  oleh pers mahasiswa seluruh Indonesia. Tema yang diusung oleh PPMI kali ini adalah “Gerakan Pers Mahasiswa Meruwat Orientasi dan Merawat Independensi dalam Mengawal Isu Sosial”.
Hingga hari ini, tercatat ada 17 dewan kota seluruh Indonesia yang terdiri dari 50 Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) telah memenuhi salah satu hotel di kawasan Telaga Ngebel. Ratusan insan pers mahasiswa itu datang dari berbagai wilayah seperti, Sorong Papua, Sulawesi, Makassar, Banjarmasin, Bali, Madura, Bangka Belitung, dan wilayah Jawa pada umumnya. Agenda itu digelar dengan tujuan pembahasan agenda kepengurusan dan penetapan isu nasional yang akan digarap oleh PPMI Nasional.
Alumni PPMI lintas generasi


 Hal itu dijelaskan oleh Sekjend Nasional PPMI, Rahmat Ali atau kerap disapa Maheng ketika mengisi forum FAA (Forum Alumni Aktivis) pada Jumat (23/112018) malam. “Apa tujuan dari MUKERNAS ini, yaitu untuk menghimpun seluruh LPM yang ada di Indonesia yang berada di naungan dewan kota, dan sekaligus untuk pemaparan kondisi dan isu lokal,” terang Maheng.
Sedangkan dalam agenda MUKERNAS XII ini, dilakukan pula pembahasan agenda Mukernas dan penetapan tata tertib Mukernas. Dikenalkan pula pengurus badan PPMI Nasional dalam prosesi acara nasional tersebut. Penetapan isu lokal yang akan dijadikan isu nasional merupakan agenda inti dari diselenggarakannya acara. Akan tetapi, jalinan silaturahmi yang kuat antar LPM di seluruh Indonesia merupakan tujuan yang juga menjadi prioritas.
Selain itu, dalam MUKERNAS ini nanti juga menjadi forum ditetapkannya tempat penyelenggara Dies Natalis dan juga Kongres PPMI yang menjadi agenda temu pers mahasiswa selanjutnya. Puluhan LPM yang menghadiri acara MUKERNAS tersebut sepakat jika pengawalan isu sosial harus disertai dengan konsisten dalam meruwat orientasi dan independensi. (ar)
 Foto: Arin, Abidin

No comments

Komentar apapun, tanggung jawab pribadi masing-masing komentator, bukan tanggung jawab redaksi.