Loading...

Ajang Kreativitas: Pentingnya Formasi Tiap Fakultas

www.lpmalmillah.com- Rabu (15/08/18) Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Fakultas di  IAIN Ponorogo memasuki hari terakhir. PBAK pun dilakukan di Fakultas masing-masing dan mengadakan tampilan formasi atau biasa disebut dengan Flash Mob. Flash Mob diadakan hari ini, lain halnya dengan Fakultas Syariah (FASYA) yang telah melakukan formasi terlebih dahulu yaitu diadakan di hari pertama PBAK Fakultas pada (14/08/18). Flash mob bertujuan  untuk memunculkan kreativitas dan kekompakan MABA.
Genta Firman, salah satu mahasiswa jurusan Muamalah semester 3 mengungkapkan bahwa Flash Mob itu penting. Tujuan Flash Mob yang sebenarnya yaitu untuk memperkenalkan PBAK. Selain itu, memunculkan kekreatifan PBAK dan melatih kekompakan peserta. “Menurut saya pribadi penting, soalnya menambah kreativitas, kekompakan dan sebagainya. Banyak media sosial seperti instagram, kita upload di medsos untuk publikasi fakultas agar mahasiswa lain bisa tahu,” ujar Genta selaku koordinator panitia kegiatan PBAK FASYA.
Sedangkan Bayu Dwi Cahyo mahasiwa jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) semester 3 selaku divisi kegiatan FUAD menyatakan bahwa formasi flash mob ini sudah menjadi adat saat PBAK. Hal ini di tujukan agar moment PBAK dapat dikenang oleh MABA. “Coro jowone patute, ada kenangan yang di ceritakan ketika mereka menjadi panitia atau ketika lulus bahwa dulu pernah ikut formasi. Sedangkan panitia hanya memberikan wadah,” ujarnya.
Pernyataan salah satu panitia PBAK tersebut diamini oleh seorang MABA. Salah satunya Laila Artika Sari mahasiswa baru jurusan IAT. Ia mengungkapkan bahwa manfaat dari diadakannya flash mob, “kita bisa membuat kenang-kenangan, melatih kesabaran, karna kita sulit diatur. Juga melatih ketelatenan, kalau gak ada flash mob kita bingung karna itu identitas fakultas,”  ujar Laila.
Untuk menunjukkan identitas masing-masing, Fakultas mempunyai cara tersendiri dalam melakukan flash mob.  Seperti halnya Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK) yang melakukan formasi flash mob pada pukul 07.00 WIB. MABA pun menggunakan perlengkapan atribut yang telah ditentukan untuk menonjolkan identitas Fakultasnya masing-masing. Formasi yang dibentuk diantaranya bendera merah putih, tulisan PBAK 2018 dan FATIK IAIN-PO dengan kertas berwarna hijau dan kuning yang diiringi lagu Gebyar-gebyar oleh MABA FATIK dan panitia.
Tak kalah ketinggalan, FUAD pun juga melakukan  formasi  sebanyak 5 kali sore ini pada pukul 15:45 WIB yang dilakukan di gedung baru kampus 2. Formasi pertama yakni  bendera merah putih diiringi lagu kebyar-kebyar, dilanjut tulisan PBAK, FUAD 2K18, lalu angka 73, dan terakhir kembali membentuk bendera merah putih diiringi lagu indonesia raya sebanyak 2 kali.
Berbeda dengan fakultas lain, Fakutas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) menampilkan Flash Mob di lapangan Ma’had Al-Jami’ah Ulil Abshor pada pukul 06.00-08.00 WIB yang bertempat di halaman belakang Graha Watoe Dhakon. FEBI melakukan formasi flash mob menggunakan capil dan tali rafia untuk membentuk formasi.  Formasi tersebut membentuk tulisan PBAK dengan warna merah putih, dan tulisan FEBI-18 berwarna hijau kuning.
Siang harinya, tampak banyak video terkait formasi flash mob di media sosial. Formasi  flash mob ini pun banyak dijadikan story di whatapps dan instagram. Salah satunya di unggah oleh Dosen FEBI Ridho Rokamah pada pukul 11:00 WIB yaitu flash mob FEBI lewat akun whatsappnya.
Formasi flash mob sudah dikoordinasikan oleh panitia kegiatan bagian KORLAP (Koordinator Lapangan) FASYA yang menyatakan bahwa Wacana tersebut hampir ditiadakan, namun akhirnya tetap diadakan. “Sebenarnya wacana hampir ditiadakan, institut juga tidak menyarankan. Dari institut sendiri kurang koordinasi dengan fakultas. Tapi akhirnya ini tetap diadakan,” pungkas Genta. (straight. Zona, Shofia, Yulia. magang)



            
Slider 3094662405432866388

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Follow by Email

ADS

Popular Posts

Random